Jokowi Direncanakan Meresmikan Proyek Kereta Api Pertama di Sulawesi Hari Ini

Rabu, 29 Maret 2023 - 07:09 WIB
loading...
Jokowi Direncanakan Meresmikan Proyek Kereta Api Pertama di Sulawesi Hari Ini
Jokowi direncanakan akan meresmikan proyek kereta api pertama di Sulawesi. Foto/DJKA
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) dikabarkan akan meresmikan Kereta Api Makassar-Parepare lintas Maros-Garongkong hari ini, Rabu (29/3/2023). Informasi itu diungkapkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat mengecek proyek dan meninjau Depo Sarana Kereta Api di Maros.



"Harapan kita besok Pak Presiden Jokowi bisa hadir untuk meresmikan dan juga menyaksikan keindahan alam di Ramang-Ramang," ujar Menhub dalam keterangan tertulis, Rabu (29/3/2023).

Menhub menjelaskan, proyek KA Makassar-Parepare merupakan bagian dari pembangunan KA Trans Sulawesi, dan menjadi salah satu proyek strategis nasional. Dari total jalur KA Makassar-Parepare sepanjang 145 km, yang sudah terbangun 120 km dan siap dioperasikan sepanjang 80 km dari Stasiun Maros di Makassar sampai Stasiun Garongkong di Kabupaten Barru.

Sejak beroperasi mulai November 2022 lalu, kehadiran kereta pertama di Sulawesi ini mendapat antusiasme yang tinggi dari masyarakat. Hingga Maret 2023, sudah mengangkut penumpang berjumlah 25.699 orang, dengan rata-rata okupansi 78,02% dari kapasitas total 90 penumpang menggunakan kereta wisata.

Hingga saat ini, masyarakat bisa menikmati layanan kereta wisata secara gratis. Banyaknya destinasi wisata yang dilalui jalur kereta ini menjadi daya tarik bagi masyarakat.

Lebih lanjut Menhub menjelaskan, kereta ini akan melayani penumpang dan juga barang/logistik. “Nanti semen-semen yang dari Bosowa akan diangkut ke Pelabuhan Garongkong menggunakan kereta. Pelabuhan Garongkong juga sudah dipersiapkan,” ujar Menhub.



Menhub berharap, pengoperasian jalur KA Maros-Garongkong dapat melancarkan pergerakan penumpang dan barang, mendukung potensi pariwisata, serta memacu pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Selatan dan sekitarnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1114 seconds (0.1#10.140)