Bank Mandiri Terbitkan Global Bond Rp4,5 Triliun, Oversubscribed 10,3 Kali

Rabu, 29 Maret 2023 - 16:07 WIB
loading...
Bank Mandiri Terbitkan Global Bond Rp4,5 Triliun, Oversubscribed 10,3 Kali
Global bond Bank Mandiri mencatatkan kelebihan permintaan. FOTO/dok.Bank Mandiri
A A A
JAKARTA - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) berhasil mengumpulkan pendanaan sebesar USD300 juta atau sekitar Rp4,5 triliun dari penerbitan global bond . Penawaran surat utang Bank Mandiri tersebut mencatatkan kelebihan permintaan (oversubscribed) 10,3 kali.

"Tingkat oversubscription tertinggi dalam sejarah penerbitan Global Bond Bank Mandiri ini merupakan sebuah pencapaian dan bukti bahwa investor percaya kepada kinerja Bank Mandiri di tengah maraknya sentimen negatif pasar kepada sektor perbankan dan pasar global," ungkap Pejabat Eksekutif Treasury dan International Banking Bank Mandiri Eka Fitria melalui siaran pers, Rabu (29/3/2023).



Dia mengatakan penerbitan global bond menerima lebih dari USD3,1 miliar permintaan pada saat proses orderbook. Global bond tersebut memiliki tenor 3 tahun dengan kupon sebesar 5,5%.

Dalam penerbitan global bond tersebut, Bank Mandiri menunjuk HSBC, J.P. Morgan, Mandiri Sekuritas, Citigroup, MUFG dan Standard Chartered Bank sebagai Joint Lead Managers. Positifnya, keyakinan investor juga terlihat dari rating yang diberikan kepada obligasi ini dari lembaga pemeringkat internasional yaitu Baa2 dari Moody’s dan BBB- dari Fitch.



Adapun, investor pada penerbitan global bond didominasi fund manager dan asset manager dengan porsi kepemilikan sebesar 76%, diikuti dengan bank sebesar 13%, dan pengelola dana pensiun sebesar 11%. Selain itu, sebagian besar investor berasal dari Asia sebanyak 78% dan Eropa, Timur Tengah, dan Afrika (EMEA) sebesar 22%. Pasca proses penerbitan, obligasi ini akan dicatatkan di Bursa Efek Singapura (Singapore Exchange/SGX).
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1888 seconds (0.1#10.140)