Meneropong Pentingnya Implementasi ESG terhadap Bisnis Perusahaan

Kamis, 30 Maret 2023 - 16:32 WIB
loading...
Meneropong Pentingnya Implementasi ESG terhadap Bisnis Perusahaan
Komisaris BRI Life Ubaidillah Nugraha saat memberikan pemaparan pentingnya ESG. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Penerapan prinsip ESG (environmental, social, and governance) merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam rangka mencapai kinerja berkelanjutan. PT Asuransi BRI Life merupakan salah satu perusahaan yang menyadari pentingnya pertumbuhan berkelanjutan yang dihasilkan dari keselarasan antara kepentingan lingkungan, sosial, dan penerapan tata kelola korporasi yang baik.



Komitmen BRI Life terkait ESG tecermin melalui upaya penerapan prinsip bisnis perusahaan. Termasuk aspek strategi bisnis, operasional, dan layanan yang mencakup pula tanggung jawab sosial perusahaan dan lingkungan yang sejalan dengan tata kelola yang baik.

Penerapan ESG yang baik berpengaruh tidak hanya terhadap kinerja perusahaan, tetapi juga terhadap kelangsungan usaha perusahaan dalam jangka panjang, menarik mitra investor, memperluas jangkauan pasar, memperkuat brand perusahaan, hingga meningkatkan loyalitas konsumen.

Direktur Utama BRI Life Iwan Pasila menjelaskan bahwa ESG merupakan kesatuan aspek yang saling terikat satu sama lain. Menurut Iwan BRI Life selalu berupaya untuk meningkatkan implementasi aspek sosial dengan terus fokus pada perbaikan proses untuk mengupayakan peningkatan kualitas layanan kepada nasabah, mengupayakan kesejahteraan pekerja, dan memperhatikan kebutuhan masyarakat sekitar.

"BRILife juga terus berupaya untuk menerapkan tata kelola perusahaan yang baik untuk memastikan kelangsungan usaha perusahaan di masa yang akan datang dan memastikan kemampuan perusahaan untuk dapat memenuhi kewajibannya kepada pemegang polis ketika kewajiban tersebut jatuh tempo," kata Iwan dalam keterangannya, Kamis (30/3/2023).

Iwan menambahkan, memang penerapan terkait environmental masih terbatas pada pengurangan penggunaan material yang dapat mengganggu kesetimbangan lingkungan seperti penggunaan kertas, plastik, dalam kegiatan usaha. Pemahaman yang lebih luas dibutuhkan untuk dapat lebih jauh mendukung implementasi ESG dalam keseharian di BRILIfe, sebagai bagian dari BRI yang sudah menjadi first mover dalam penerapan ESG.

"Indonesia hingga saat ini terus menggencarkan penerapan prinsip bisnis dalam perusahaan berdasarkan prinsip pelestarian lingkungan, tanggung jawab sosial, dan tata Kelola yang baik atau ESG. Ketiga pilar ESG ini menjadi target BRI Life dalam mendukung ekosistem bisnis berkelanjutan," tandas Iwan.

Ubaidillah Nugraha, komisaris independen BRI Life, menambahkan ESG sejalan dengan prinsip good corporate citizenship. Artinya, selain dalam aspek binsis, perusahaan dapat bertumbuh secara konsisten, memberikan kontribusi pada pemegang saham dan pemangku kepentingan didukung dengan komitmen dalam setiap unsur ESG.

"Terkait pentingnya aspek tata kelola atau governance menjadi fondasi dasar dalam sebuah managemen bisnis yang berkelanjutan. Sebaiknya, sebagian besar perusahaan yang runtuh disebabkan karena tata kelola yang buruk," jelas Ubaidillah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1969 seconds (0.1#10.140)