Jahja Setiaatmadja Buka-bukaan Soal ATM BCA hanya Ada di Wilayah Perkotaan

Senin, 03 April 2023 - 12:43 WIB
loading...
Jahja Setiaatmadja Buka-bukaan Soal ATM BCA hanya Ada di Wilayah Perkotaan
ATM BCA saat ini hanya ada di wilayah perkotaan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Bank Central Asia Tbk ( BCA ) saat ini masih terus berekspansi mendukung pengembangan sistem pembayaran yang ada di Indonesia. Namun ekspansi BCA itu juga akan didasarkan pada jenis wilayahnya, misal daerah perkotaan yang merupakan tempat berkembangnya jasa perdagangan.



Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, saat ini BCA sudah memiliki 17 ribu ATM di seluruh Indonesia dengan 1.250 jaringan cabang yang memang masih di kota besar atau kabupaten.

"Memang kita lebih banyak di kota-kota besar, tetapi di kabupaten juga banyak kita hadir. Untuk pertempuran di ruler area (pelosok) itu BRI jagonyalah, tapi untuk daerah perkotaan dan tempat-tempat perdagangan ya (kami)," ungkap Jahja dalam segmen Market Buzz Power Breakfast IDX, Senin (3/4/2023).

Jahja juga menjelaskan bahwa perusahaan mempunyai filosofi sebagai bank value the trade. Artinya, ketika ada trade, ada yang mulai bisnis, BCA pelu masuk untuk memberikan dukungan.

"Karena menurut saya ya industri perbankan bukan hanya financial intermediasi. Kalau financial intermediasi itu hanya ada dana lalu melepas dana ya, kaya broker. Nah fungsi lain perbankan itu adalah payment system," tegas Jahja.

Jahja mengungkapkan bahwa sistem pembayaran layaknya aliran darah yang mengaliri seluruh organ tubuh. Jika tidak ada peredaran darah, jelas manusia tersebut tidak bisa hidup.

"Payment system itu layaknya aliran darah, nah ini penting sekali dan tidak semua bank mampu piawai untuk menciptakan kenyamanan dalam payment system," kata dia.

Dengan demikian, Jahja bilang ada sistem dalam suatu perdagangan. Setiap pedagang mempunyai salah satu unsur pokok, yakni sistem pembayaran.

"Nah di situlah kami hadir memberi kenyamanan, kemudahan, sehingga nasabah banyak membuka rekening. Tetapi ya tetap kita sediakan ATM di sana manakala dibutuhkan uang tunai harus segera didapatkan," ujar Jahja.



"Tapi tentu kita lihat daerah per daerah, kalau itu daerah butuh banyak membutuhkan penarikan-penarikan tunai, itu pasti kita sediakan," imbuhnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2145 seconds (0.1#10.140)