Jokowi Sebut Harga Bahan Pangan Terkendali Menjelang Lebaran

Rabu, 05 April 2023 - 15:39 WIB
loading...
Jokowi Sebut Harga Bahan Pangan Terkendali Menjelang Lebaran
Presiden Jokowi meninjau harga komoditas di Pasar Rawamangun dan Pasar Johar Baru, Jakarta, Rabu (5/4/2023). FOTO/dok.Istimewa
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau harga komoditas di Pasar Rawamangun dan Pasar Johar Baru, Jakarta, Rabu (5/4/2023). Harga-harga dan ketersediaan bahan pangan menjelang hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah masih terkendali.

"Kita lihat tadi urusan pasokan tidak ada masalah. Harga juga justru banyak yang turun. Telur turun, ayam turun, daging ayam turun, beras juga turun, kemudian bawang juga turun, yang naik hanya daging sedikit," ungkapnya.



Presiden Jokowi mengatakan bahwa penurunan harga bahan pokok di pasar telah dipantau oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

"Sesuai dengan pantauan BPS kemarin memang terjadi deflasi. Ini bagus dalam posisi mau lebaran tapi harga-harga turun, yang saya liat," kata Jokowi.

"Bisa dilihat dari banyak sisi tapi yang jelas harga banyak yang turun. ini yang bagus di situ. Sehingga akan memperkuat daya beli rakyat karena harga turun," imbuhnya.



Meski harga beras turun, kata Jokowi, harga gabah kering panen (GKP) naik. Jokowi bersyukur dengan naiknya GKP tapi harga beras di pasar turun.

"Ya kalau petani GKP-nya kan sudah naik dari 4200 ke 5000 dan di lapangan memang yang banyak masih di atas Rp5 ribu tapi faktanya berasnya turun. Ini bagus," kata Jokowi.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1155 seconds (0.1#10.140)