Ingin Jadi Business Development Representatives, Ini Keahlian yang Harus Dimiliki

Rabu, 05 April 2023 - 20:34 WIB
loading...
Ingin Jadi Business Development Representatives, Ini Keahlian yang Harus Dimiliki
Dikri Ayatullah, sebagai salah satu business development representatives dalam Podcast Aksi Nyata Partai Perindo, Rabu (5/4/2023).
A A A
JAKARTA - Kini banyak ragam pekerjaan yang bisa dijadikan pilihan oleh lulusan baru (fresh graduate). Salah satunya adalah Business Development Representatives (BDR). Banyak perusahaan yang membutuhkan posisi ini untuk mengembangkan bisnisnya.

Dikri Ayatullah, sebagai salah satu business development representatives yang memiliki pengalaman bekerja di startup e-commerce membagikan pengalamannya dalam Podcast Aksi Nyata Partai Perindo.

"Saya memang punya background sebagai sales. Ketemu banyak orang dan meyakinkan mereka tentang produk yang dijual. Itu membantu saya dalam menjadi seorang BDR," ujar Dikri Ayatullah dalam Podcast Aksi Nyata Partai Perindo, Rabu (5/4/2023).

Baca Juga: Berbagi Kiat-kiat Membuat Bisnis Tetap Bertahan di Tengah Perlambatan Ekonomi

Dikri mengatakan, BDR merupakan ujung tombak perusahaan. Hal ini terjadi karena mereka bertanggung jawab untuk menghasilkan peluang bisnis baru dengan berbagai prospek dan berusaha membangun relasi secara jangka panjang dengan para klien.

Dia menambahkan, BDR juga bertugas membuat kampanye - kampanye sehingga masyarakat mengenal perusahaannya, namun hal tersebut tentu bergantung dengan peran yang diberikan oleh masing - masing perusahaan. "Masyarakat pasti familiar dengan kampanye diskon di e-commerce. Kalau saya, tugasnya menjual atau membuat kampanye dari fitur - fitur e-commerce dan membangun hubungan berkelanjutan," imbuhnya.



Menurut Dikri, kemampuan yang harus dimiliki adalah bagaimana memposisikan diri ketika bertemu banyak orang. Seorang BDR harus mampu meyakinkan klien tentang produk yang dijual. Berbagai pengalaman pun dibutuhkan. Sehingga lulusan baru atau orang yang tertarik untuk menjadi BDR bisa belajar untuk bersosialisasi dan membangun koneksi dengan banyak orang. "Ini penting, jadi ke depannya bisa meyakinkan mereka dan membangun hubungan jangka panjang,” pungkasnya
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1756 seconds (0.1#10.140)