Ditanya Soal Satgas Transaksi Rp349 Triliun, Begini Jawaban Jokowi

Selasa, 11 April 2023 - 13:03 WIB
loading...
Ditanya Soal Satgas Transaksi Rp349 Triliun, Begini Jawaban Jokowi
Jokowi menegaskan saat ini urusan mudik harus menjadi perhatian dibanding satgas bentukan Mahfud MD. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) tak menanggapi soal satuan tugas (satgas) yang akan dibentuk oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD . Satgas tersebut bakal menguak transaksi janggal Rp349 triliun terkait Kemenkeu.



Jokowi menyebut bahwa dirinya ingin semua pihak berfokus pada urusan arus mudik Lebaran tahun 2023 terlebih dahulu. Pasalnya, jumlah pemudik tahun ini akan melonjak.

"Ini urusan arus mudik, kita konsentrasi ke arus mudik dulu, semuanya," kata Jokowi di Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (11/4/2023).

Jokowi mengatakan bahwa semua pihak harus berhati-hati karena kenaikan jumlah pemudik tahun ini mencapai puluhan juta masyarakat. Jumlah pemudik yang banyak membutuhkan perhatian yang besar pula.

"Karena lompatan dari 86 juta ke 123 juta, hati-hati," kata Jokowi.

Diketahui Mahfud MD bakal membentuk satuan tugas khusus untuk menguak dana janggal sebesar Rp349 triliun terkait Kemenkeu. Hal tersebut dikatakan Mahfud MD saat menggelar jumpa pers di Gedung Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Jakarta Pusat.

"Komite akan segera membentuk tim gabungan/satgas yang akan melakukan supervisi untuk menindaklanjuti keseluruhan LHA/LHP nilai agregat sebesar Rp349 triliun dengan melakukan case building," ujar Mahfud di lokasi, Senin (10/4/2023).

Mahfud mengatakan tim satgas tersebut terdiri dari berbagai instansi pemerintah, termasuk Badan Intelejen Nasional hingga kepolisian. "Tim gabungan/satgas akan melibatkan PPATK, Ditjen Pajak, Ditjen Bea dan Cukai, Bareskrim Polri, Pidsus Kejagung, Bidang Pengawasan OJK, BIN, dan Kemenko Polhukam," imbuhnya.



"Komite akan melakukan case building dengan memprioritaskan LHP yang bernilai paling besar karena telah menjadi perhatian masyarakat," tuturnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1957 seconds (0.1#10.140)