Gelar Penukaran Uang Pecahan Kecil, BI: Animo Masyarakat Sangat Membeludak

Rabu, 12 April 2023 - 12:47 WIB
loading...
Gelar Penukaran Uang Pecahan Kecil, BI: Animo Masyarakat Sangat Membeludak
BI menggelar penukaran uang pecahan kecil di sejumlah wilayah. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia ( BI ) menggelar penukaran uang di sejumlah wilayah. Penukaran ini untuk memenuhi kebutuhan uang pecahan kecil saat Lebaran.



Direktur Departemen Pengelolaan Uang BI Ameriza M. Moesa menyatakan bahwa pihaknya tidak menghadapi banyak kendala berarti dalam proses melayani penukaran uang, khususnya di layanan kas keliling. Satu-satunya kendala adalah animo masyarakat yang sangat besar.

Animo masyarakat untuk melakukan penukaran uang tidak dibarengi dengan pendaftaran secara online. Alhasil, kuota uang baru untuk ditukarkan tak bisa memenuhi semua permintaan yang ada.

Gelar Penukaran Uang Pecahan Kecil, BI: Animo Masyarakat Sangat Membeludak

Direktur Departemen Pengelolaan Uang BI Ameriza M. Moesa

"Jadi kan kita memang mengimbau masyarakat untuk melakukan pendaftaran secara online, namun banyak yang mengeluh karena menurut masyarakat kuota pendaftaran penukaran uang sangat sedikit," ujarnya saat ditemui oleh MNC Portal Indonesia, Rabu (15/04/2023).

Tidak hanya itu, lanjut Ameriza, masyarakat yang tidak mendaftar secara online dan langsung hadir ke lokasi layanan keliling juga sering kehabisan karena memang kuotanya sudah penuh.

"Jadi untuk kendala yang kita hadapi ya animo masyarakat yang sangat membeludak untuk menukarkan uang," tambahnya.



Untuk Lebaran tahun ini, Bank Indonesia menyiapkan uang tunai sebesar Rp195 triliun untuk kebutuhan masyarakat selama Ramadan dan Idulfitri tahun ini. Diketahui jumlah ini meningkat 8% dari jumlah uang beredar tahun lalu.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1405 seconds (0.1#10.140)