Lepas Ekspor Kapulaga ke China, Ganjar Dorong Hasil Tani Mendunia

Kamis, 13 April 2023 - 11:30 WIB
loading...
Lepas Ekspor Kapulaga ke China, Ganjar Dorong Hasil Tani Mendunia
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melepas pengiriman ekspor kapulaga Jateng ke Guangzhou China. FOTO/dok.Istimewa
A A A
SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo melepas pengiriman ekspor kapulaga Jateng ke Guangzhou China di landasan pacu Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Semarang, Jateng.

Dalam kesempatan itu, Ganjar menyaksikan pemuatan kapulaga jenis farmasi ke dalam kargo pesawat maskapai Garuda Indonesia. Tak hanya menyaksikan, Ganjar juga berdialog dengan puluhan petani kapulaga Jateng yang tergabung dalam CV Kapulogo Jaya Mandiri.



Pemprov Jateng hingga saat ini terus mendorong peningkatan kualitas hasil pertanian agar komoditas produksi Jateng bisa konsisten mendunia. Oleh sebab itu, Ganjar mengajak para petani kapulaga Jateng untuk menyesuaikan kebutuhan pasar supaya hasil tani mereka bisa diserap negara lain yang akan mengimpor. “Disesuaikan dengan pasar, jadi spek pasarnya seperti apa budidayanya mengikuti,” kata Ganjar kepada para petani, Rabu (12/4/2023).

Mantan Anggota DPR RI itu berharap ekspor kapulaga dari Jateng bisa terus berlanjut. Ganjar pun mengajak para petani untuk bersama-sama menjaga kualitas produk agar layak ekspor. “Sesudah ada orderan kedua, ketiga dan keempat, kualitasnya dijaga. Sukses ya,” kata Ganjar.

Sebelumnya Ganjar bersama Kementerian Pertanian juga melepas ekspor kapulaga ke Cina pada pertengahan 2020. Karantina Pertanian Semarang mencatat sertifikasi kesehatan untuk ekspor kapulaga ke China pada Januari hingga 11 April tahun 2020 sebanyak 9 kali dengan volume 118 ton.



Angka ini menujukkan peningkatan yang signifikan jika dibandingkan ekspor tahun lalu. Dengan tujuan negara yang sama, tercatat sepanjang tahun hanya 13 kali dengan volume 170 ton
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2471 seconds (0.1#10.140)