Bansos Telur dan Daging Ayam Mulai Disalurkan Hari Ini

Sabtu, 15 April 2023 - 22:00 WIB
loading...
Bansos Telur dan Daging Ayam Mulai Disalurkan Hari Ini
Kepala Badan Pangan Arief Prasetyo Adi menyalurkan bansos telur dan daging ayam. FOTO/Advenia Elisabeth
A A A
JAKARTA - Badan Pangan Nasional (Bapanas) mulai menyalurkan bantuan sosial atau bansos daging ayam dan telur kepada keluarga penerima manfaat (KPM) khususnya yang memiliki balita dan anak berpotensi stunting. Penyaluran perdana ini dilakukan di Lapangan Serbaguna, Bekasi, Jawa Barat.

Adapun yang diterima keluarga penerima manfaat hari ini, terdiri dari daging ayam ukuran 1 ekor karkas atau sekitar 0,9-1,1 kg dan 1 tray telur ayam atau sebanyak 10 butir. Bansos kedua komoditas ini akan diberikan per bulan sebanyak 3 kali yakni April, Mei, dan Juni 2023.

"Hari ini penyaluran bantuan telur dan daging ayam sudah mulai didistribusikan ke kelompok sasaran yaitu keluarga beresiko stunting secara by name by address. Hari ini di Bekasi," ujar Kepala Badan Pangan Arief Prasetyo Adi usai menyalurkan bansos, Sabtu (15/4/2023).



Lebih lanjut Arief mengatakan, pada penyaluran tahap awal sebelum Idul Fitri, bantuan akan disalurkan kepada 78 ribu KRS yang tersebar di Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, dan Jawa Barat. Secara keseluruhan, total bantuan sendiri akan didistribusikan di 7 provinsi dengan 3 provinsi lainnya yaitu Sumatera Utara, Nusa Tenggara Timur, dan Sulawesi Barat.

"Untuk tahap pertama ini, penyaluran di Provinsi Jawa Tengah akan dilakukan kepada sekitar 68 ribu KRS yang berada di Kabupaten Kebumen, Banyumas, dan Banjarnegara," sebutnya.

"Sedangkan di Provinsi Jawa Timur akan disalurkan kepada sekitar 6 ribu KRS yang berlokasi di Mojokerto, di Provinsi Banten akan disalurkan kepada sekitar 2 ribu KRS yang berlokasi di Kota Tangerang Selatan, dan di Provinsi Jawa Barat akan disalurkan kepada sekitar 2 ribu KRS yang berlokasi di Cirebon, Bekasi, dan Bogor," tambah Arief.

Dia menuturkan, bansos pangan tersebut mulai distribusikan hari ini mengingat momentum lebaran sebentar lagi tiba dan masyarakat tentunya sangat membutuhkan bantuan tersebut. Bantuan ini diharapkan dapat menekan lonjakan inflasi di tengah naiknya permintaan bahan pangan menjelang lebaran.

Arief juga mengatakan bahwa bantuan pangan berupa telur dan daging ayam ini merupakan upaya menurunkan kerawanan pangan dan gizi akibat kurangnya asupan protein bagi masyarakat khususnya masyarakat berpendapatan rendah. Selain itu, telur juga diketahui sangat baik bagi pertumbuhan dan mencegah terjadinya stunting pada anak.



Dengan ini, tambahnya, pihaknya optimis dapat terbangun ekosistem pangan yang terintegrasi di mana sinergi hulu-hilir dapat terjaga. Di sisi hulu hasil produksi petani peternak dan nelayan dapat terserap melalui peran BUMN Pangan sebagai offtaker, sementara di hilirnya berbagai program pemerintah seperti pengentasan stunting dan pengentasan daerah rentan rawan pangan dapat tereksekusi dengan baik.

“Dengan terselenggaranya program bantuan ini kita berharap dapat turut membantu sedulur-sedulur peternak di hulu dan membantu masyarakat kurang protein di hilir,” tandasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1104 seconds (0.1#10.140)