ASEAN Open Sky Resmi Berlaku, RI Ambil Pasar Kargo Singapura

Jum'at, 08 Januari 2016 - 22:08 WIB
ASEAN Open Sky Resmi Berlaku, RI Ambil Pasar Kargo Singapura
ASEAN Open Sky Resmi Berlaku, RI Ambil Pasar Kargo Singapura
A A A
JAKARTA - Asosiasi perusahaan penerbangan nasional Indonesia (Indonesia National Air Carrier Association/INACA) mengatakan, maskapai nasional akan mengambil pasar penerbangan kargo Singapura, Thailand dan Vietnam dengan mulai berlakunya liberalisasi penerbangan atau ASEAN Open Sky.

Ketua INACA Bidang Kargo Boyke P Soebroto mengemukakan,‎ sebelum diberlakukannya ASEAN Open Sky, penerbangan kargo di kawasan Asia Tenggara dikuasai tiga negara tersebut. "Saat ini peta kargo di ASEAN fokus tiga negara. Pertama Singapura, lalu Thailand dan Vietnam," ujarnya di Jakarta, Jumat (8/1/2016).

Dia juga menjelaskan, dengan dikuasainya penerbangan kargo oleh tiga negara tersebut, barang yang dibawa ke Indonesia atau sebaliknya biasanya akan masuk bandara itu terlebih dahulu. "Bayangkan Indonesia sebagai market harus melalui tiga itu," lanjutnya

Menurutnya, dengan diberlakukannya liberalisasi penerbangan awal 2016, barang yang keluar masuk Indonesia mengunakan transportasi udara bisa langsung ke negara tujuan.‎ Hal tersebut ,embuat proses keluar masuk barang bisa lebih singkat.

"Ini menjadi kesempatan penerbangan kargo Indonesia untuk masuk langsung ke pusat industri ASEAN untuk impor atau ekspor ke kota-kota. Akhirnya kita harapkan nanti tiga kota itu tidak jadi hub lagi karena sudah terpecah," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5066 seconds (0.1#10.140)