Menteri PUPR Ungkap 3 Hal Penentu Mudik Aman dan Berkesan

Rabu, 19 April 2023 - 11:10 WIB
loading...
Menteri PUPR Ungkap 3 Hal Penentu Mudik Aman dan Berkesan
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, ada tiga hal yang menentukan kelancaran dan menjadikan mudik ini aman dan berkesan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, ada tiga hal yang menentukan kelancaran dan menjadikan mudik aman dan berkesan . Hal ini disampaikan saat meninjau kesiapan layanan mudik Lebaran di rest area ruas tol Batang-Semarang bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.



Menteri Basuki membeberkan, tiga hal kunci menjadikan mudik aman yakni Pertama, layanan sarana dan prasarana harus baik, terutama kebersihan dan ketersediaan air. Kedua, regulasi yang baik, seperti pengaturan masa cuti bersama, contraflow dan one way yang diberlakukan mulai Selasa, 18 April 2023 pukul 14.30 WIB.

“Ketiga, perilaku pengguna jalan. Kami semua harus bekerja sama dengan baik dalam memberikan layanan mudik Lebaran. Kementerian PUPR menyiapkan prasarana dan sarana, Kepolisian dan Kementerian Perhubungan menyiapkan regulasinya, serta para pengguna juga harus berperilaku baik. Jangan sampai pada saat pemberlakuan one way, masih ada yang rebutan untuk masuk jalan tol,” kata Menteri Basuki dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (18/4/2023).



Untuk itu, Menteri Basuki mengajak para pemudik untuk tertib dan disiplin terhadap aturan yang berlaku, serta mengikuti petunjuk petugas di lapangan, sehingga perjalanan mudik bisa menjadi lebih aman dan berkesan.

"Mudik ini adalah the most happiness. Sebab, tidak ada kebahagian yang melebihi orang yang bisa mudik. Untuk itu pelayanan yang diberikan harus baik," tambah Menteri Basuki.

Menteri Basuki juga menerangkan sebagai bentuk layanan mudik Lebaran tahun 2023, saat ini terdapat 127 rest area di 70 ruas tol operasional di Indonesia. Dengan keberadaan UMKM, rest area tersebut diharapkan dapat turut menggerakkan ekonomi lokal.

"Layanan lain yang kita berikan adalah penambahan toilet yang sebelumnya hanya berjumlah 6.000 toilet, kini menjadi 9.000 toilet," sambungnya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengungkapkan, terkait kesiapan infrastruktur menurut cukup mendukung masyarakat untuk melakukan mudik menggunakan kendaraan pribadi.

"Alhamdulillah beberapa ruas tol juga sudah fungsional. Saya amati hari ini dengan one-way masih relatif lancar. Terima kasih kepada Pak Menteri Basuki dan jajaran Kementerian PUPR," pungkas Ganjar.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1526 seconds (0.1#10.140)