Libur Lebaran, Desa Wisata Jadi Salah Satu Destinasi Favorit Pemudik

Sabtu, 22 April 2023 - 18:39 WIB
loading...
Libur Lebaran, Desa Wisata Jadi Salah Satu Destinasi Favorit Pemudik
Menparekraf Sandiaga Uno menyatakan, bahwa di momen cuti bersama dan libur nasional yang panjang pada Lebaran Idul Fitri 2023 ini, desa wisata sudah menjadi salah satu destinasi utama pariwisata. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan, bahwa di momen cuti bersama dan libur nasional yang panjang pada Lebaran Idul Fitri 2023 ini, desa wisata sudah menjadi salah satu destinasi utama pariwisata para pemudik.

"Setelah kita survey, ada beberapa destinasi utama yakni pegunungan, pantai, taman rekreasi dan juga desa wisata," ujarnya saat ditemui Sabtu (22/4/2023).



Sandiaga menjelaskan, tingkat kunjungan destinasi wisata pada tahun ini mengalami kenaikan sebesar 47% dibandingkan tahun lalu. Hal itu terlihat dari destinasi wisata yang menjadi tempat terfavorit berdasarkan wilayah yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur.

Adapun demikian, daerah yang menjadi destinasi favorit masih Jawa Barat yaitu puncak pangandaran, Jawa Tengah yakni Borobudur dan Jawa Timur ada bromo Tengger Semeru.

"Tingkat kunjungannya naik 47 persen jika dibanding tahun lalu," tambahnya.



Usai bermaaf-maafan dengan sanak saudara, sebagian masyarakat ada juga yang menghabiskan waktunya untuk berwisata. Sektor wisata yang mengalami pemulihan sejauh ini yaitu taman rekreasi, dan hotel-hotel, terutama hotel bintang 3 ke atas yang cenderung pulih.

Sambung Menparekraf Sandiaga juga mengungkapkan, perputaran ekonomi saat momen mudik dan libur Lebaran tahun ini yang mencapai Rp240 triliun harus diarahkan agar bisa memberdayakan UMKM terutama sektor perdagangan, kuliner, dan fashion sehingga produk-produk UMKM diharapkan dapat membuka peluang usaha.

"Sehingga juga dapat menjadi bagian dari penciptaan geliat perekonomian dan target 4,4 juta lapangan kerja di 2024," tandasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6235 seconds (0.1#10.140)