Mendag Beberkan Langkah Dorong Ekspor Mamin dan Komoditas Unggulan

Selasa, 21 Juli 2020 - 12:23 WIB
loading...
Mendag Beberkan Langkah Dorong Ekspor Mamin dan Komoditas Unggulan
Mendag Agus Suparmanto tak berhenti mendorong ekspor produk mamin serta komoditas unggulan lainnya kendati di tengah pandemi saat ini. Foto/Ilustrasi/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus bekerja mendorong semakin terbukanya kesempatan dagang di mancanegara. Langkah itu dilakukan dengan rutin melakukan temu bisnis (business matching) secara daring.

Salah satunya, Indonesian Trade Promotion Center Los Angeles (ITPC LA) bekerja sama dengan Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (BBPPEI) yang menggelar rangkaian temu bisnis (business matching) yang digelar pada 14 Juli lalu untuk sektor makanan dan minuman, lalu pada 17 Juli untuk sektor furnitur, serta pada tanggal 21 Juli untuk fashion dan pakaian jadi.

Pada 15 Juli lalu, ITPC LA juga bekerja sama dengan dengan KJRI San Francisco, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, serta Pemerintah Daerah Jawa Timur menggelar acara serupa untuk sektor makanan minuman, furnitur, dan fashion.

Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto menyampaikan, kegiatan temu bisnis virtual ini merupakan langkah kreatif Kemendag dalam mendorong kinerja ekspor industri makanan dan minuman di pasar internasional. Hal ini juga merupakan dukungan nyata Kemendag terhadap sektor UKM agar semakin mampu bersaing.

"Langkah ini berbuah positif dimana para importir tertarik atas beberapa produk UKM Indonesia," ungkapnya melalui keterangan tertulis, Selasa (21/7/2020).

(Baca Juga: Kemendag Dorong Ekspor UKM Makanan dan Minuman ke Amerika)

Untuk diketahui, tren ekspor mamin Indonesia ke Amerika selama lima tahun terakhir (2015-2019) tercatat positif 7,15%. Produk ekspor makanan dan minuman terbesar Indonesia ke negara itu adalah makanan laut, buah-buahan, makanan ringan, dan gula.

Berdasarkan data BPS yang diolah Kemendag, total perdagangan Indonesia-Amerika Serikat periode Januari-Mei 2020 tercatat sebesar USD10,7 miliar, dengan surplus bagi Indonesia sebesar USD3,70 miliar. Sedangkan pada 2019, total perdagangan kedua negara mencapai USD27,11 miliar dengan surplus bagi Indonesia sebesar USD8,58 miliar.

Khusus untuk ekspor makanan dan minuman Indonesia ke AS, pada periode Januari-April 2020 mencapai USD293,63 juta. Nilai ini tumbuh 29,69% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Sementara ekspor makanan dan minuman Indonesia ke Amerika pada 2019 tercatat sebesar USD730,4 juta.

Menteri Agus menambahkan, produk makanan dan minuman Indonesia menjadi salah satu sektor yang mampu bergerak positif selama pandemi Covid-19. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai ekspor pangan olahan Indonesia sebesar 7,9% pada periode Januari-April 2020 atau sebesar USD1,33 miliar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1301 seconds (0.1#10.140)