Bank Stop Kredit Tambang Batu Bara

Rabu, 17 Februari 2016 - 01:46 WIB
Bank Stop Kredit Tambang Batu Bara
Bank Stop Kredit Tambang Batu Bara
A A A
SAMARINDA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menghentikan penyaluran kredit untuk bisnis pertambangan batu bara. Lesunya pasar batu bara dunia membuat OJK memerintahkan bank untuk menghentikan kredit.

Kepala OJK Kalimantan Timur (Kaltim) Dedi Satria menjelaskan, lesunya bisnis batu bara membuat lembaga pengawas jasa keuangan memerintah bank untuk tidak lagi memberikan kredit. Apalagi agunan yang digunakan perusahaan batu bara juga tak lagi mudah untuk dijual.

“Bukan lagi mengurangi, kita stop dulu. Salah satunya kepada BPD (Bank Pembangunan Daerah) Kaltim. Bagaimana mau memberi kredit, yang sudah diberi kredit saja banyak yang macet,” ujar Dedi usai acara pertemuan tahunan OJK dengan pelaku industri dan jasa keuangan di Lamin Etam, Kompleks Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (16/2/2015).

Dia menjelaskan, penyaluran kredit ke usaha pertambangan kini memiliki resiko timggi. Harga batu bara dunia yang terus anjlok memaksa bank tak punya pilihan selain menghentikan penyaluran kredit.

“Risikonya tinggi sekali. Jaminan yang diagunkan juga kadang sulit untuk dijual kembali seperti kapal dan ponton batu bara,” katanya.

Namun, Dedi menolak menyebut secara detail rincian kredit macet dari usaha batu bara. “Tidak bisa saya sebutkan detail,” ucapnya.

Saat ini, OJK Kaltim sedang fokus pada dua perhatian untuk menggairahkan kegiatan ekonomi produktif. Pertama, meningkatkan kemampuan UMKM, pengembangan ekonomi daerah, dan menguatkan sektor ekonomi prioritas.

“Kedua, mendorong pemanfaatan sektor jasa keuangan untuk pembiayaan-pembiayaan yang memerlukan sumber dana jangka panjang dan mendorong korporasi menjadi lokomotif perekonomian nasional,” ujarnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8139 seconds (0.1#10.140)