Properti Jakarta Lebih Mahal dari New York, Investor Incar Pinggiran

Selasa, 21 Juli 2020 - 23:17 WIB
loading...
Properti Jakarta Lebih Mahal dari New York, Investor Incar Pinggiran
Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Harga properti di Jakarta dinilai sudah terlalu tinggi. Hal ini menyebabkan banyak properti di ibu kota sulit terjual. Menurut Dimas Putra, Direktur Indonesia Property Research Center, tingginya harga jual justru membuat investor akan kesulitan untuk melego propertinya.

“Berdasarkan rasio perhitungan rumah atau properti terhadap pendapatan yang dilakukan oleh World Bank Time To Act 2019, ditemukan fakta yang belum banyak diketahui masyarakat. Ternyata harga rumah di Jakarta lebih tinggi dibandingkan beberapa kota besar dunia, seperti London, Bangkok, dan Kuala Lumpur. Bahkan harga hunian di ibu kota melampaui New York maupun Tokyo" ujar Dimas Putra dalam keterangannya Selasa (21/7/2020).

Saat ini, investor dan end user banyak melirik kawasan suburban yang harganya lebih murah. Di kawasan koridor timur ibu kota misalnya, dengan jangkauan bisnis di skala internasional, banyak perusahaan yang berkembang di kawasan ini berasal dari luar negeri, seperti Singapura, Inggris, Jerman, Korea, Jepang, Cina, Malaysia, Taiwan, Timur Tengah.

‘’Keunggulan inilah yang menjadikan Cikarang sebagai area strategis dan berpotensi sebagai penggerak industri nasional,” tutupnya. Sedangkan di kawasan selatan ibu kota, dukungan infrastruktur transportasi membuat kawasan ini juga tumbuh pesat.

Mahalnya harga properti di ibukota membuat para pelaku bisnis di sektor properti pun optimistis kawasan suburban akan berkembang menjadi kota baru. PT Adhi Commuter Properti, misalnya tetap optimistis bahwa konsumen tetap melihat properti sebagai investasi yang menjanjikan.

Apalagi, saat ini langkah Bank Indonesia untuk memulihkan sektor properti telah menurunkan suku bunga acuan menjadi 4,50%. “Kebijakan Bank Indonesia untuk menurunkan suku bunga memberikan angin segar bagi sektor properti yang terimbas pandemi Covid-19,” ujar Direktur Utama PT Adhi Commuter Properti Rizkan Firman. ( Baca juga:Investasi Properti di Asia Pasifik Tak Diminati, Anjlok 32% )

ACP sendiri optimistis meraih penjualan pada kuartal II-2020 senilai Rp150 miliar dan akhir tahun ini mencapai Rp1,2 triliun. Selain mengandalkan penjualan dari proyek hunian dan komersial yang terintegrasi transportasi (transit oriented development/TOD) LRT City di Jabodetabek dan jaringan Grandhika Hotel Indonesia, ACP juga mengandalkan Adhi City Sentul.

“Kami sedang mengembangkan proyek berskala kota, yaitu Adhi City yang menghubungkan proyek LRT City Sentul - Royal Sentul Park yang berada di titik KM 33 Tol Jagorawi, Kabupaten Bogor. Lahan yang digunakan memiliki luas 120 hektare (ha),’’ kata Rizkan. ACP bekerja sama dengan PT Sigmaeltra Propertindo dengan mengembangkan kawasan Adhi City tersebut.

Direktur Pemasaran PT Adhi Commuter Properti, Indra Syahruzza menambahkan, pengembangan kota baru itu mengombinasikan konsep natural living dan mixed-use development dengan produk berupa kluster perumahan tapak, apartemen low rise dan high rise, pusat bisnis dan finansial. ’Keseluruhan kawasan ini mulai dikembangkan pada 2020 hingga 2036,”paparnya.

Indra menambahkan, kawasan Adhi City Sentul juga didesain unyuk investasi properti. Kawasan ini didukung infrastruktur yang sudah dikembangkan dan terhubung dengan tol Sirkuit Sentul- Jagorawi sehingga lebih memudahkan untuk mobilitas dua arah ke Jakarta dan Bogor.

Total dana yang digelontorkan untuk pengembangan kawasan ini Adhi City Sentul mencapai Rp16 triliun. “Diperkirakan Adhi City Sentul dengan masa pengembangan selama 16 tahun memperoleh project revenue sebesar Rp26 triliun,” kata Indra.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1595 seconds (0.1#10.140)