Kiat Membangun Bisnis di Usia 20-an, Simak 4 Tips dari Pendiri Skin Game

Rabu, 03 Mei 2023 - 20:21 WIB
loading...
Kiat Membangun Bisnis di Usia 20-an, Simak 4 Tips dari Pendiri Skin Game
Michella Ham, sosok dibalik produk skincare lokal ternama, Skin Game. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Usia muda identik dengan semangat dan energi yang luar biasa. Hal ini perlu dioptimalkan dan disalurkan secara positif melalui berbagai hal produktif, termasuk mulai merintis bisnis .

Tentunya ada banyak ragam bisnis yang bisa dicoba, salah satu yang digandrungi kaum hawa adalah produk perawatan kulit alias skincare .

Hal itu pula yang mendorong Michella Ham, sosok dibalik produk skincare lokal ternama, Skin Game, terjun menekuni bisnis produk kecantikan lokal.

Memulai bisnis di usia 23 tahun, bukan hal mudah bagi dirinya untuk membesarkan nama Skin Game. Berawal dari kesulitan menemukan produk kecantikan lokal yang berkualitas dan terjangkau, Michella menginisiasi Skin Game pada tahun 2020 dengan produk perdananya, krim totol jerawat Acne Warrior.

Perempuan kelahiran 4 April 1997 itu memberanikan diri untuk memulai segala sesuatunya bermodalkan dana terbatas. “Lahirnya Skin Game bermula dari masalah pribadi aku karena sulit mencari obat jerawat lokal yang cocok. Saat itu, aku selalu pre-order dari luar negeri yang pasti lebih mahal dan butuh waktu lama,” ujarnya melalui keterangan tertulis, dikutip Rabu (3/5/2023).

“Jadi, aku pikir, kenapa aku gak bikin sendiri produk skincare yang berkualitas, harganya sesuai pangsa Indonesia, dan bisa digunakan oleh siapapun, termasuk pria,” imbuhnya.

Meski bisnis skincare-nya masih seumur jagung, pahit manis membangun bisnis Skin Game telah dirasakan Michella. Tak jarang, dia mendapatkan stigma negatif dari orang-orang sekitar yang memandang dirinya tidak memiliki pengalaman mumpuni dan hanya mengandalkan privilege keluarga.

“Membangun bisnis di usia muda, apalagi perempuan, itu pasti ada komentar miring terhadap aku. Tapi, aku jalani saja yang terbaik,” tuturnya.

Perjuangannya pun lantas berbuah keberhasilan Skin Game. Jika pada fase awal Skin Game hanya terjual sekitar 50 produk tiap bulannya, saat ini jumlahnya sudah melonjak hingga ribuan produk per bulan.

“Apalagi, dengan adanya platform online seperti airasia shop yang membantu kami untuk menjangkau target market lebih luas lagi,” ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0982 seconds (0.1#10.140)