Erick Thohir Buka-bukaan Soal Alasan IPO PHE dan PalmCo, Apa Untungnya?

Kamis, 04 Mei 2023 - 13:03 WIB
loading...
Erick Thohir Buka-bukaan Soal Alasan IPO PHE dan PalmCo, Apa Untungnya?
Menteri BUMN Erick Thohir. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian BUMN terus mendorong pelaksanaan Initial Public Offering (IPO) PT Pertamina Hulu Energi (PHE) dan PalmCo di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pencatatan saham perdana di pasar modal itu ditargetkan bisa terealisasi tahun ini.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan proses go publik anak usaha PT Pertamina (Persero) dan Holding Perkebunan Nusantara atau PTPN III masih menunggu izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"PHE hulu akan tetap kita dorong buat go publik. Kita sedang menunggu izin dari OJK," ungkap Erick saat ditemui di gedung Kementerian BUMN, Kamis (4/5/2023).



Erick memiliki alasan mendasar untuk membawa PHE dan PalmCo melantai di Bursa. Menurutnya, pencatatan saham menjadi alternatif pendanaan yang dapat dihimpun kedua entitas pelat merah itu.

Adapun keuntungannya dapat digunakan untuk membiayai program-program di sektor energi, khususnya energi baru dan terbarukan (EBT). Tak hanya itu, pendanaan tersebut juga bisa digunakan untuk meningkatkan produksi minyak.

Erick memandang, peningkatan produksi minyak dapat ditempuh melalui dua opsi, yakni akuisisi aset di luar negeri atau eksplorasi sumur dalam negeri. Keduanya pun memerlukan modal.

Sebab itu, IPO PHE dan PalmCo dipandang menjadi satu keharusan, lantaran bisa mendanai kegiatan perusahaan. "Jadi, ketika kita renewable energy, kita punya cash flow, begitu juga dengan PHE," tuturnya.



Terkait dengan PalmCo, sebelumnya Erick mengatakan sedang dalam proses permohonan izin penyusunan PP pembentukan PalmCo. Rencananya, aksi korporasi tersebut terlaksana kuartal IV/2023.

"Kita juga di kuartal IV 2023 bisa melakukan aksi korporasi ini. Tujuannya kalau kita lihat sekarang karena turunan dari pada industri kelapa saat itu sudah sampai 80 pohon industri," ucapnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1265 seconds (0.1#10.140)