Material Bata Merah dan Bata Ringan Perkokoh Konstruksi Bangunan

Rabu, 22 Juli 2020 - 11:17 WIB
loading...
Material Bata Merah dan Bata Ringan Perkokoh Konstruksi Bangunan
Foto/dok
A A A
JAKARTA - Penggunaan bata merah dalam sebuah konstruksi bangunan sudah tidak bisa dipisahkan lagi. Bahan material ini selalu punya banyak penggemar karena tidak hanya membuat bangunan kokoh, tetapi juga bisa memberikan kesan natural.

Pemilihan material batu untuk dinding rumah sangat penting. Sebab, material batu untuk dinding ada yang memiliki daya tahan kuat beberapa tahun saja. Tentu Anda tidak mau rumah impian ringkih karena pemilihan batu yang kurang tepat. Sebelum membeli batu, Anda harus mengenal lebih jauh perbedaan batu untuk dinding dan tentunya yang sesuai dengan keuangan Anda.

Umumnya masyarakat Indonesia menggunakan batu bata merah untuk dinding rumahnya. Namun, seiring berkembangnya zaman dan teknologi, muncullah batu bata ringan atau hebel untuk dinding rumah. Sebelum membeli batu untuk dinding, ada baiknya Anda mengenal lebih dekat material ini agar tidak salah memilih.

Arsitek Denny Setiawan menjelaskan, batu bata merah yang sudah lebih dahulu dikenal sebagai konstruksi utama bangunan umumnya terbuat dari tanah liat dan beberapa mineral lain yang dicetak dalam ukuran tertentu, lazimnya berukuran 24 x 12 x 6 cm. (Baca: Ketahui Cara Membeli Rumah dengan KPR Pribadi)

"Bata merah yang bagus biasanya akan keras, tahan api, dan tahan lapuk sehingga sangat berperan dalam pembuatan dinding dan lantai. Harga bahan material ini pun cukup murah," tutur Denny.

Namun, bukan berarti bata yang tampil natural ini tidak memiliki saingan. Seiring perkembangan teknologi, selain bata merah, terdapat juga hebel. Bata ringan atau hebel ini memiliki sifat kuat, tahan api, dan tahan air. Hebel biasanya dibuat di pabrik dengan mesin berteknologi tinggi.

"Bata ringan atau hebel biasanya cenderung lebih ringan daripada bata merah. Teksturnya pun terlihat lebih halus dan memiliki tingkat kerataan yang cukup baik," kata Denny.

Biasanya hebel dipilih untuk meringankan beban struktur sebuah bangunan konstruksi, mempercepat pelaksanaan, serta meminimalisasi sisa material yang terjadi saat proses pemasangan dinding.

Bagi Anda yang masih mempertanyakan kekuatannya, apakah hebel bisa menggantikan bata merah, mari kita lihat perbandingannya. (Baca juga: Ini Manfaat Mendongeng untuk Anak yang Patut Diketahui)

Di balik teksturnya yang tidak rata dan pembuatannya yang masih tradisional, bata merah memiliki kelebihan yang tidak kalah memikat hati. Salah satunya tidak memerlukan keahlian khusus untuk memasangnya. Ukurannya yang kecil pun memberikan kemudahan dalam pengangkutan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0958 seconds (0.1#10.140)