Dukung Proyek Kereta Cepat, PLN Operasikan 5 Infrastruktur Kelistrikan

Rabu, 17 Mei 2023 - 09:27 WIB
loading...
Dukung Proyek Kereta Cepat, PLN Operasikan 5 Infrastruktur Kelistrikan
PLN mengoperasikan lima infrastruktur kelistrikan mendukung proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (PLN UIP JBB) mengoperasikan 5 infrastruktur ketenagalistrikan untuk menunjang pengoperasian Proyek Strategis Nasional (PSN) Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB).

5 proyek tersebut antara lain, Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) 150 kV Traksi Halim - Poncol Baru II, SKTT 150 kV Traksi Halim - Bekasi II /Summarecon, 1 Bay Line Gas Insulated Substation (GIS) 150 kV Bekasi II/ Summarecon arah Gardu Induk (GI) Traksi Halim Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), 1 Bay Line GIS 150 kV Poncol Baru II arah GI Traksi Halim (KCIC), dan Gardu Induk (GI) 150 kV Traksi Halim. Pemberian tegangan (energize) dilakukan secara bertahap mulai tanggal 13 Mei 2023 hingga 14 Mei 2023.

"Kami berkomitmen mendukung Proyek Strategis Nasional sekaligus juga sebagai bukti keseriusan PLN dalam menyediakan sistem kelistrikan yang andal untuk pengoperasian moda transportasi listrik massal," ujar General Manager PLN UIP JBB, Octavianus Padudung melalui siaran pers, Rabu (17/5/2023).



Dia mengungkapkan keberhasilan energize ini merupakan bukti komitmen PLN dalam menyiapkan sistem kelistrikan untuk mendukung Proyek Strategis Nasional (PSN). Proyek SKTT 150 kV Traksi Halim - Poncol Baru II dibangun sepanjang 2,8 kmr (kilometer route) untuk menghubungkan GI 150 kV Traksi Halim dan GIS 150 kV Poncol Baru II.

Sedangkan transmisi SKTT 150 kV Traksi Halim (KCIC) - Bekasi II/Summarecon terbentang sepanjang 5,6 kmr dari GIS 150 kV Bekasi II/Summarecon hingga GI 150 kV traksi Halim. Dalam proses pembangunannya tidak berbeda dengan proyek SKTT lain yang menggunakan metode Horizontal Directional Drilling (HDD).

"Proses pembangunannya tidak berbeda dengan proyek SKTT lainnya, hanya saja untuk lokasi dalam area gardu induk, metode HDD diganti dengan metode opencut atau galian terbuka," terang Octavianus.

Selain menyuplai listrik untuk pengoperasian KCJB, GIS 150 kV Poncol Baru II yang dibangun dengan memanfaatkan lahan gedung eksisting PLN ULTG Bekasi juga memegang peran penting dalam memberi suplai kelistrikan andal khususnya di Kota Bekasi.

"Dibangun di Margahayu, Bekasi Timur infrastruktur ini berfungsi untuk meningkatkan kapasitas penyaluran dan keandalan pasokan listrik khususnya di kota Bekasi, serta sebagai pemasok listrik untuk Gardu Traksi Halim KCIC," jelas Octavianus.

Selain mampu menyelesaikan proyek sebelum waktu target yang ditentukan, PLN juga serius untuk menggunakan produk komponen dalam negeri dengan nilai Produk Dalam Negeri (PDN) mencapai 74%. Nilai investasi yang digelontorkan untuk pembangunan proyek ini mencapai total Rp 184 miliar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1242 seconds (0.1#10.140)