Transaksi Terus Tumbuh, Digital Banking Semakin Dominan

Selasa, 23 Mei 2023 - 14:43 WIB
loading...
Transaksi Terus Tumbuh, Digital Banking Semakin Dominan
Berkembangnya era digital yang begitu pesat telah menjadi tantangan tersendiri bagi dunia industri, khususnya perbankan. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Teknologi informasi yang semakin berkembang nyatanya telah membawa kita memasuki babak baru di berbagai sisi kehidupan, sebut saja dalam bertransaksi keuangan .

Berdasarkan data dari Bank Indonesia (BI) , nilai transaksi digital banking pada tahun 2022 meningkat 28,72% secara tahunan (year-on-year/yoy) menjadi Rp52.545,8 triliun.

Hal tersebut mengingat transaksi ekonomi dan keuangan digital telah berkembang pesat ditopang naiknya akseptasi dan preferensi masyarakat dalam berbelanja daring, luasnya dan mudahnya sistem pembayaran digital, serta cepatnya digital banking.

Dominansi transaksi keuangan berbasis daring ini tidak lagi menjadi layanan masa depan, namun sudah menjadi keharusan.

Bahkan, Bank Indonesia menyatakan bahwa di tahun 2023, transaksi digital banking diproyeksikan mengalami pertumbuhan 22,13% secara tahunan (year on year/yoy), mencapai Rp64.175,1 triliun.

Digital banking juga dikatakan memiliki dampak positif pada keberlanjutan lingkungan. Melalui penggunaan kertas dan kebutuhan perjalanan fisik ke bank yang semakin di minimalisir, digital banking dapat membantu mengurangi jejak karbon dan dampak lingkungan.

Chief Digital Business Officer MNC Bank, Yudistira Ardhi Prastono dalam satu kesempatan menyampaikan urgensi terkait digitalisasi di era dunia yang serba cepat ini.

Menurut dia, berkembangnya era digital yang begitu pesat telah menjadi tantangan tersendiri bagi dunia industri, khususnya perbankan.

Era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity dan Ambiguity) juga harus menjadi perhatian ekstra bagi perusahaan agar tetap dapat exist.

“Masyarakat kini sudah semakin pintar dan pemilih dalam menentukan produk yang akan digunakan oleh mereka, apakah fitur dan layanan produk ini lebih baik dibanding ini atau sebaliknya,” ujarnya, dikutip Selasa (23/5/2023).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1621 seconds (0.1#10.140)