alexametrics

Menyiasati Dapur Tetap Bersih dan Sehat saat Lebaran

loading...
Menyiasati Dapur Tetap Bersih dan Sehat saat Lebaran
Foto/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Meskipun hari raya Lebaran masih beberapa pekan lagi, tidak ada salahnya untuk mencicil membersihkan setiap sudut ruangan rumah, termasuk dapur.

Tidak hanya ruang tamu dan ruang keluarga yang harus dijaga kebersihannya, dapur sebagai ruang penting dalam menyiapkan hidangan istimewa untuk keluarga dan sanak saudara yang berkunjung juga harus selalu dijaga kebersihannya agar aktivitas memasak pun jadi lebih nyaman.

Kondisi dapur yang bersih dan tertata dengan baik tentunya membantu Anda untuk menghasilkan makanan yang lezat dan bergizi. Terlebih lagi di tengah wabah virus corona ini menjaga kebersihan sudut rumah menjadi hal paling utama.



"Salah satu cara untuk bisa menjaga kebersihan di dapur dengan memilih material yang tepat. Jika berkesempatan untuk merenovasi, hindari untuk menggunakan material kayu karena sulit dibersihkan dari noda minyak," kata arsitek Fajar Kresno.

Tidak hanya menggunakan material yang tepat, sirkulasi udara di dapur juga harus diperhatikan karena hal ini bisa memengaruhi kesehatan dapur. Udara panas karena kompor dan bau masakan memengaruhi suhu dan membuat Anda tidak nyaman.

Uap air yang bercampur dengan minyak juga akan merusak dinding dapur. Bahkan, jika terlalu lama juga akan membuat hitam plafon dapur dan menjadi sarang bakteri di dalam rumah.

"Untuk membuat sirkulasi di dapur yang baik, tempatkan jendela di area memasak. Jendela memang berfungsi lebih cepat dan lebih baik dibandingkan dengan ventilasi," tutur Fajar.

Fajar menambahkan, kita bisa meletakkan kompor dekat dengan jendela, namun jangan sejajar dengan jendela karena akan mengganggu nyala api. Adapun untuk mengurangi udara panas di dapur, Anda bisa memasang plafon lebih tinggi dari ruang lainnya. "Gunakan plafon model jack roof yang bertingkat, manfaatkan lubang antaratap untuk mengalirkan udara panas," tambahnya.

Jika tidak memungkinkan untuk Anda merenovasi atap, bisa menggunakan exhaust fan di sudut ruang dapur. Nah yang terpenting adalah masih ada perputaran udara di dapur agar tetap terasa nyaman.

Anda pun harus menempatkan posisi dapur dengan benar. Sisi utara dan selatan biasanya lebih sedikit menerima cahaya matahari. Jadi sebaiknya area tersebut untuk meletakkan kompor. Sedangkan timur dan barat menjadi tempat area basah untuk mencuci piring.

"Jika sudah terlanjur menghadap barat, buat penghalang seperti kerai bambu di sisi menghadap barat," tegasnya.

Bagaimana, dengan merancang pencahayaan dan juga sirkulasi yang baik di dapur, tentu bisa membuat dapur tetap bersih dan sehat. Anda pun bisa dengan nyaman menyiapkan hidangan istimewa saat Lebaran nanti. (Aprilia S Andyna)
(ysw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top