Profil Polana Banguningsih, Direktur Utama AirNav Indonesia

Kamis, 25 Mei 2023 - 19:45 WIB
loading...
Profil Polana Banguningsih, Direktur Utama AirNav Indonesia
Polana Banguningsih merupakan Direktur Utama AirNav Indonesia. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Polana Banguningsih merupakan Direktur Utama AirNav Indonesia . Dalam riwayatnya, dia tercatat sebagai perempuan pertama yang menduduki posisi tersebut.

Melihat ke belakang, Polana dilantik sebagai Direktur Utama AirNav Indonesia pada awal tahun 2022 lalu. Saat itu, dia ditunjuk mengisi jabatan yang sebelumnya ditempati M. Pramintohadi Sukarno.


Profil Polana Banguningsih

Mengutip keterangan dari laman AirNav Indonesia, Kamis (25/5/2023), Polana Banguningsih Pramesti lahir di Jakarta, 2 November 1961. Pada riwayat pendidikannya, dia adalah lulusan S1 Teknik Sipil di Institut Teknologi Bandung (ITB) dan S2 Master transportasi di perguruan tinggi yang sama.

Pada sepak terjangnya, Polana bukanlah orang baru di sektor perhubungan. Jauh sebelum menjadi Dirut AirNav, dia pernah menjadi Kasubdit Prasarana Bandara Direktorat Bandar Udara.

Kemudian, Polana pernah menjabat Direktur Teknik di PT Angkasa Pura I (Persero). Setelah itu, dia kembali ke Kementerian Perhubungan dan menjadi Direktur Navigasi Penerbangan.



Pada November 2018, Polana ditunjuk Menteri Perhubungan untuk mengisi posisi Direktur Jenderal Perhubungan Udara. Saat itu, dia menempati jabatan yang telah kosong selama empat bulan sejak Agus Santoso.

Awal tahun 2020, Polana digeser menjadi Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPJT). Pasca purnatugas, dia dipercaya mengisi jabatan strategis di sektor perhubungan dengan menjadi Dirut AirNav Indonesia.

Jabatan Direktur Umum (Dirut) AirNav Indonesia ini didapatkan Polana pada awal tahun 2022. Saat itu, dia menggantikan posisi M. Pramintohadi Sukarno yang dirotasi Menteri Perhubungan menjadi Staf Ahli Bidang Teknologi, Lingkungan, dan Energi Perhubungan, Kementerian Perhubungan.

Dengan penunjukannya sebagai Direktur Utama (Dirut), saat itu Polana Banguningsih menjadi sosok Dirut perempuan pertama dalam sejarah AirNav Indonesia.
Pada perjalanan kariernya, Polana juga pernah meraih sejumlah penghargaan. Sebut saja seperti Satya Lancana 10 Tahun, Satya Lancana 20 Tahun, serta Satya Lancana Wira Karya dari Presiden Republik Indonesia.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1680 seconds (0.1#10.140)