Profil Airnav Indonesia, BUMN yang Memberikan Pelayanan Navigasi Penerbangan

Kamis, 25 Mei 2023 - 19:16 WIB
loading...
Profil Airnav Indonesia,...
Airnav Indonesia merupakan salah satu anak perusahaan BUMN yang bergerak di bidang pemanduan lalu lintas udara. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Airnav Indonesia merupakan salah satu anak perusahaan BUMN yang bergerak di bidang pemanduan lalu lintas udara. Perusahaan ini berkantor pusat di Tangerang, Indonesia.

Meski telah menjadi sebuah perusahaan besar dan penting, ternyata masih banyak yang belum mengenal perusahaan yang satu ini. Adapun profil dari perusahaan Airnav adalah sebagai berikut.


Profil Perusahaan Airnav Indonesia

Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia diketahui berdiri pada tanggal 13 September 2012 silam.

Berdirinya perusahaan ini sesuai dengan amanat amanat Undang-Undang No.1 tahun 2009 tentang Penerbangan dan PP No. 77 Tahun 2012 tentang Perum LPPNPI.

Pada 16 Januari 2013, Airnav Indonesia mulai beroperasi dengan memberikan pelayanan navigasi penerbangan pada 26 bandar udara. Satu tahun setelahnya, perusahaan ini menambah pelayanan navigasi penerbangan menjadi 273 bandar udara.

Penambahan pelayanan tentu diiringi pula dengan pembaruan perangkat. Dana sebanyak Rp 2,2 triliun siap digelontorkan untuk pembelian perangkat terbaru.

Modernisasi peralatan tentu saja dibarengi dengan penambahan tenaga. Sejumlah tenaga pendukung nantinya akan direkrut dari Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) dan Akademi Teknik & Keselamatan Penerbangan (ATKP).

Dalam perkembangannya, Airnav kini telah menjalin kerjasama dengan NATS (Inggris) dalam rangka meningkatkan penerbangan di Jakarta Air Traffic Service Center.



Selain itu, perusahaan ini juga telah menjalin kerjasama dengan ENAC (Perancis) dalam bidang Pendidikan Magister dan Pelatihan Singkat Manajemen Pelayanan Navigasi
Penerbangan BerskalaInternasional.

Airnav Indonesia merupakan tonggak sejarah dalam dunia penerbangan nasional bangsa Indonesia. Karena hanya Airnav lah satu-satunya penyelenggara navigasi penerbangan di Indonesia yang sebelumnya ditangani oleh PT Angkasa Pura I dan II.

Dikutip dari laman resminya, perusahaan yang dipimpin oleh Ibu Polana B Pramesti ini telah mengelola seluruh ruang udara Indonesia yang dibagi menjadi 2 Flight Information Region (FIR). Total luas FIR mencapai 2.219.629 Km2 dengan jumlah lalu lintas penerbangan lebih dari 10.000 keberangkatan pesawat per hari.

Sementara itu jasa yang diberikan oleh Airnav Indonesia adalah seperti pelayanan lalu lintas penerbangan, informasi aeronautika, telekomunikasi penerbangan, informasi meteorologi penerbangan dan informasi SAR.
(bim)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1758 seconds (0.1#10.140)