Anggaran Renovasi Dapur Disesuaikan Kebutuhan

Rabu, 29 April 2020 - 12:03 WIB
loading...
A A A
Bila Anda memiliki dana renovasi sebesar Rp5 juta–Rp10 juta, menambahkan rak terbuka bisa menjadi pilihan untuk melengkapi kenyamanan saat beraktivitas di dapur. Namun yang perlu diingat, kehadiran rak terbuka memiliki kegunaan tersendiri.

Bahkan dari segi ukuran, mengganti satu lemari kecil dengan satu set rak dapat membuat dapur terasa lebih luas. Selain itu, beri ruang untuk menampilkan pajangan di dapur dan menyuguhkan hidangan favorit.

Namun, bila Anda memiliki dana sebesar Rp10 juta–Rp15 juta, Anda bisa mengganti wastafel dan keran untuk melengkapi keindahan dapur. "Mengganti keran dapur terasa lebih mudah dan murah daripada harus mengganti kitchen set untuk melengkapi keindahan dapur," ujar Rina.

Perlu diingat, jika memasang wastafel baru yang bentuk dan desainnya berbeda dengan yang lama, Anda harus memperhitungkan biaya dan teknik pemasangan sesuai ukuran dapur.
Tips Merenovasi Dapur yang Efisien

1. Abaikan rencana ruang penyimpanan

Kesalahan terbesar dalam mendesain dapur adalah tidak cukupnya ruang penyimpanan. Sebaiknya singkirkan barang yang tidak perlu dan simpan barang-barang yang dibutuhkan.

2. Pilih warna

Cobalah sandingkan dua warna kontras dari roda warna yang berseberangan dan berdampingan. Misalnya, menyandingkan cokelat tua dengan kuning mencolok atau memilih satu warna mencolok tapi pastikan perabotan di dapur menunjang warna tersebut.

3. Pilih material

Cobalah gunakan unsur tidak biasa seperti backsplash metalik. Hal ini mampu merefleksikan cahaya lampu dan menciptakan titik vokal yang menarik perhatian. Selain metalik, Anda juga dapat menggunakan backsplash yang menggambarkan kesenian lokal daerah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1576 seconds (0.1#10.140)