10 Negara dengan Utang Terbesar ke China, Nomor 1 Kekayaan Tambangnya Dikuasai

Sabtu, 27 Mei 2023 - 08:27 WIB
loading...
10 Negara dengan Utang Terbesar ke China, Nomor 1 Kekayaan Tambangnya Dikuasai
Banyak negara yang memiliki utang besar ke China. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Langkah Kongo yang memperjuangan jatah lebih besar atas kekayaan tambangannya yang saat ini dikuasai perusahaan China harus diacungi jempol. Dalam sebuah dokumen yang diketahui Reuters, Kongo berusaha meningkatkan kepemilikan sahamnya dalam usaha patungan dengan perusahaan China menjadi 70%, dari sebelumnya hanya 32%.



Penguasaan tambang Kongo oleh China memang tak lepas dari skema investasi dan utang yang diberikan China kepada banyak negara berkembang yang tengah gencar membangun infrastrukturnya, termasuk Kongo. Melalui strategi “Going Global” dan Belt and Road Initiative, China telah muncul sebagai kreditur resmi terbesar di dunia.

Kongo merupakan salah satu negara yang memiliki utang terbesar kepada China. Bahkan, negara itu menduduki posisi teratas. Kekayaan tambang Kongo diperkirakan lebih dari Rp1.305 triliun

Maraknya investasi dan utang China merupakan kondisi untuk mengisi kekosongan dalam pasar pembiayaan pembangunan kepada negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah, yang menurut pemerintah AS, biaya pembangunan infrastruktur masa depan yang diperlukan melebihi USD40 triliun.

Negara-negara berkembang membutuhkan infrastruktur fisik dan digital--termasuk jalan, jalur pipa, dan jaringan serat optik--untuk mengangkut orang, barang, dan informasi guna menumbuhkan ekonomi dan meningkatkan taraf hidup warganya.

Bagi banyak negara, terutama yang memiliki risiko kredit tinggi, China kini menjadi lender of first resort. Menurut AidData, sebuah laboratorium penelitian yang diselenggarakan di William & Mary, komitmen pembiayaan pembangunan internasional tahunan China melebihi komitmen AS dan kekuatan besar lainnya dengan basis 2 banding 1 atau lebih.

Melansir globelynews.com, lonjakan bantuan, pembiayaan, dan investasi luar negeri China telah memicu tuduhan “diplomasi perangkap utang.” Kritikus China menuduh bahwa strategi itu bertujuan untuk membebani negara-negara berkembang dalam pinjaman, memaksa mereka untuk membuat konsesi strategis--seperti memberikan akses jangka panjang ke pelabuhan komersial yang mungkin memiliki nilai militer--dengan imbalan restrukturisasi atau pengampunan utang.

Venezuela adalah negara dengan eksposur utang terbesar ke China, dalam hal pinjaman langsung (tidak termasuk kepemilikan portofolio), menurut studi AidData tahun 2021, dengan total USD74,7 miliar. Angola datang berikutnya (USD39,9 miliar), diikuti oleh Pakistan (USD24,4 miliar), Ethiopia (USD10,9 miliar), dan Sri Lanka (USD10,4 miliar).

Penerima pembiayaan China lainnya semuanya adalah negara dengan ekonomi dengan ukuran yang berbeda-beda. Secara umum, semakin besar ekonomi, semakin banyak utang yang mampu diambil suatu negara. Jadi, metrik yang lebih berharga bagi negara-negara yang menghadapi risiko terbesar dalam meminjam dari China adalah rasio utang terhadap PDB, yang mewakili jumlah utang sebanding dengan output ekonomi (ukuran ukuran ekonomi).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1211 seconds (0.1#10.140)