10 Negara Ini Punya Rasio Utang Terbesar, No 1 Tak Terduga

Kamis, 01 Juni 2023 - 09:57 WIB
loading...
A A A
PDB atau GDP merupakan hasil aktivitas ekonomi suatu negara. Umumnya, utang suatu negara dibandingkan dengan angka PDB suatu negara. Perbandingan tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah jumlah utang masih aman.

Berikut adalah 10 negara dengan rasio utang tertinggi terhadap PDB :

10. Cape Verde

Rasio Utang terhadap PDB: 130%

Utang nasional Cape Verde mencapai USD3,05 miliar pada 2023. Rasio utang terhadap PDB sebesar 130% dimana sebagian besar disebabkan oleh pandemi, kekeringan berkepanjangan, dan perang Rusia-Ukraina mengingat mereka mengimpor 11% minyak dan 8% sereal dari Rusia. Layanan dan energi terbarukan diproyeksikan dapat mendorong pertumbuhan di tahun-tahun mendatang.

9. Italia

Rasio Utang terhadap PDB: 145%

Italia memiliki utang publik yang sangat besar sekitar 145% dan sebagian besar mengalami surplus transaksi berjalan. Sekitar 45% saham adalah milik asing, sementara penabung Italia yang kaya juga memegangnya.

Pada 2023, utang pemerintah nasional Italia mencapai hampir USD3 triliun. Namun, ekonomi negara itu diperkirakan akan menunjukkan beberapa ketahanan mengingat dukungan fiskal dan pengalihan pasokan gas alam dari Rusia.

8. Libya

Rasio Utang terhadap PDB: 155%

Utang publik Libya telah mencapai level tertinggi, dengan rasio utang terhadap PDB sebesar 155%. Namun, prospek ekonomi tetap positif karena diproyeksikan tumbuh sebesar 4,4% pada tahun 2023.

Hal ini sebagian besar disebabkan oleh lompatan pendapatan yang berasal dari produksi minyak. Akan tetapi utang masih sangat tinggi, dengan banyak rumah tangga berjuang dengan kemiskinan dan kerawanan pangan.

7. Singapura

Rasio Utang terhadap PDB: 160%

Tingkat utang Singapura mencapai USD560 miliar, dan rasio utang terhadap PDB sekitar 160%. Utang ini sebagian besar berkelanjutan secara fiskal, mengingat terdiri dari sekuritas pemerintah Singapura dan obligasi tabungan yang tidak digunakan untuk pengeluaran. Hasil pinjaman diinvestasikan, yang berarti negara memiliki aset yang kuat ketimbang utang.

6. Eritrea

Rasio Utang terhadap PDB: 164%

Kurangnya akses ke pasar internasional, ketidakstabilan politik selama bertahun-tahun hingga sanksi ekonomi, semuanya menjadi alasan tingginya rasio utang terhadap PDB untuk Eritrea. Defisit anggaran yang dibiayai utang secara konsisten juga akan terus menjadi alasan tingginya rasio dalam jangka panjang.

Namun, kenaikan permintaan global untuk logam, jadi angin segar yang berarti pendapatan secara bertahap meningkat. Pada tahun 2021, utang luar negeri Eritrea mencapai USD744.742.728.

5. Yunani

Rasio Utang terhadap PDB: 171%
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2049 seconds (0.1#10.140)