Ekosistem Kendaraan Listrik Indonesia hingga IKN Ditawarkan ke Italia

Senin, 05 Juni 2023 - 11:24 WIB
loading...
Ekosistem Kendaraan Listrik Indonesia hingga IKN Ditawarkan ke Italia
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa dalam perayaan hari Kemerdekaan Italia di Jakarta. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Beberapa proyek strategis nasional gencar ditawarkan oleh pemerintah Indonesia ke negara-negara sahabat untuk ikut ambil bagian. Salah satunya pemerintah Italia yang diajak nimbrung dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik hingga pembangunan Ibu Kota Nusantara ( IKN ).



Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa dalam perayaan hari Kemerdekaan Italia di Jakarta.

"Saya juga mengundang Pemerintah Italia untuk memperluas kerjasama dalam sejumlah proyek strategis pemerintah seperti, pengembangan ekosistem kendaraan listrik, infrastruktur hijau dan kota berkelanjutan, serta pembangunan IKN," kata Suharso di akun Instagram resminya @suharsomonoarfa dikutip Senin (5/6/2023).



Suharso menyampaikan, bahwa Italia merupakan partner kerjasama perdagangan terbesar ke-3 di Eropa sehingga Indonesia menawarkan untuk melakukan perluasan kerjasama.

"Sebagaimana tercatat oleh Kementerian PPN/Bappenas, nilai perdagangan bilateral antara Indonesia dan Italia mencapai USD4,61 miliar, pada tahun 2022," jelas Suharso.

Seperti diketahui, Pemerintah Indonesia terus membangun Proyek Strategis Nasional (PSN) secara berkelanjutan untuk mengakselerasi pembangunan infrastruktur sekaligus mendukung program pemerataan ekonomi.

Salah satu PSN yang tengah dikebut yakni pembangunan IKN. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan, progres atau kemajuan pembangunan infrastruktur di IKN mencapai 29%.

"Sekarang progresnya sudah sekitar 29 persen. Kami targetkan beberapa bangunan nanti selesai Juli 2024, sehingga Agustus bisa dipakai Upacara," ucapnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2572 seconds (0.1#10.140)