Perkuat Kerja Sama dengan Distributor Lokal Jadi Strategi Perbesar Pasar Domestik

Rabu, 07 Juni 2023 - 16:48 WIB
loading...
Perkuat Kerja Sama dengan Distributor Lokal Jadi Strategi Perbesar Pasar Domestik
Direktur Utama PT Klinko Karya Imaji Tbk Anggun Satriya Supanji (kanan) saat menjelaskan produk Klinko kepada para distributor. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Klinko Karya Imaji Tbk (KLIN) menargetkan omzet penjualan tahun 2023 sebesar Rp18 miliar secara keseluruhan. Dalam mencapai target tersebut, KLIN membidik pasar domestik sebagai target utama penjualan tahun ini.



Pasar domestik diperkuat melalui kerja sama dengan jaringan distributor KLIN di seluruh Indonesia. Guna memperluas jaringan distributor di pasar domestik, KLIN menambah kerja sama dengan lima distributor.

Kota Batam, Palembang, Samarinda, Manado, dan Bangka menjadi sasaran dalam perluasan distribusi KLIN saat ini, dikarenakan tingginya permintaan dan potensi yang ada di kota tersebut. KLIN membidik ketersebaran produk Klinko merata di modern trade atau ritel modern di kota-kota besar di luar Jawa.

Direktur Utama PT Klinko Karya Imaji Tbk Anggun Satriya Supanji mengungkapkan bahwa kerja sama KLIN dengan distributor lokal diharapkan dapat memperluas pasar, dan yang terpenting dapat mempermudah customer dalam mendapatkan produk Klinko.

“Kerja sama dengan lima distributor ini selain akan memperkuat jaringan dan akses ketersediaan produk juga menunjukkan adanya kepercayaan mitra. Kami ingin lebih banyak lagi masyarakat di luar Jawa dapat mengenal dan menggunakan produk kami,”ujar Anggun, dalam keterangannya, Rabu (7/6/2023).

Saat ini KLIN bekerja sama dengan total 26 distributor yang tersebar di Sumatera (Medan, Palembang, Batam, Bengkulu, Lampung, Padang, Bangka Belitung, dan Kepulauan Riau), Kalimantan Timur (Samarinda), Sulawesi (Manado, Palu, Makassar), Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara Timur.

Selama ini Kota Batam, Palembang, Samarinda, Manado, dan Bangka yang kembali disasar KLIN tersebut, memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap total penjualan domestik. Kota Samarinda memberikan konstribusi sebesar 12%, Batam sebesar 8%, Palembang 7,5%, Manado 4%, dan Bangka 3,5%. Selanjutnya KLIN akan menargetkan wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah sebagai jalur distribusi produk Klinko.

KLIN juga melakukan pelepasan kontainer ekspor yang berisi 22.000 pcs produk Klinko ke Malaysia. Ekspor ini menandai kerja sama KLIN dengan MR. DIY Malaysia. Kerja sama dengan MR. DIY Malaysia merupakan bentuk komitmen KLIN untuk meningkatkan penjualan ekspor.

Target penjualan ekspor ke Malaysia khususnya MR. DIY di tahun 2023 ini adalah sebesar Rp1 miliar dan diharapkan dapat meningkat 50% setiap tahunnya. Saat ini produk unggulan KLIN untuk ekspor adalah keset dan head mop, ke depannya KLIN juga berencana untuk mengekspor produk lain.



“Harapannya dari ekspor perdana hari ini, ke depannya produk kami dapat didistribusikan di seluruh outlet MR.DIY Malaysia. Setelah Malaysia, kami juga berencana untuk melakukan ekspor kembali ke negara Yunani dan Italia,” pungkas Anggun.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1216 seconds (0.1#10.140)