5 Menteri Indonesia dengan Kekayaan di Atas Rp1 Triliun, Nomor Terakhir 15 Kali Lipat Lebih Kaya dari Luhut

Minggu, 11 Juni 2023 - 19:40 WIB
loading...
A A A
Erick Thohir merupakan adik dari Boy Thohir, bos Adaro Energy. Erick tercatat memiliki enam perusahaan, yaitu PT Avabanindo Perkasa, PT Republika Media Mandiri, PT Danapati Abinaya Ivestama (Jak TV), PT Kalyanamitra Adhara Mahardhika (Alive! Indonesia), PT Media Golfindo (Golf Digest Indonesia), dan PT Mahaka Radio Integra Tbk.

3. Sakti Wahyu Trenggono

Berdasarkan LHKPN yang diserahkan tahun ini, Kekayaaan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono naik hampir Rp1 triliun dalam kurun 2 tahun. Kekayaan menteri yang akrab disapa Trenggono itu hampir Rp3 triliun atau tepatnya Rp2,94 triliun.
Kekayaan Trenggono paling besar berupa surat berharga sebesar Rp2,6 triliun. Sisanya tersebar dalam berbagai bentuk, seperti tanah dan kendaraan.

Sebelum bergabung ke pemerintahan, Trenggono merupakan seorang pengusaha di bidang telekomunikasi. Pria kelahiran Semarang, 3 November 1962 ini memulai bisnis penjualan perangkat telekomunikasi melalui PT Solusindo Kreasi Pratama.

4. Nadiem Makarim

Berdasarkan LHKPN yang diserahkan ke KPK pada akhir Maret lalu, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim tercatat memiliki kekayaan Rp4,8 triliun. Sebelumnya kekayaan pendiri Gojek itu tercatat hampir Rp1,2 triliun, artinya ada kenaikan sekitar Rp3,6 triliun. Sungguh fenomenal!

Kekayaan Nadiem paling besar berupa surat berharga senilai Rp5,5 triliun. Dia juga memiliki kekayaan lain berupa kas dan setara kas senilai Rp12,2 miliar. Namun Nadiem juga memiliki utang sebesar Rp790 miliar.

5. Sandiaga Uno

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menjadi menteri yang paling sugih di kabinet Jokowi. Dalam LHKPN yang diserahkannya, kekayaan Sandiaga Uno mencapai Rp10,99 triliun per 31 Desember 2022.

Porsi terbesar aset Sandiaga berasal dari surat berharga (termasuk kepemilikan di SRTG) yang mencapai Rp9,94 triliun. Sisanya, Sandiaga memiliki 18 tanah dan bangunan senilai Rp265,74 miliar, alat transportasi dan mesin Rp1,43 miliar, harta bergerak lainnya sebesar Rp4,38 miliar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1000 seconds (0.1#10.140)