5 Negara Penghasil Kelapa Sawit Terbesar Dunia, Apakah Indonesia Masih Jadi Raja?

Senin, 12 Juni 2023 - 09:54 WIB
loading...
A A A
Di sisi lain belum lama ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim sepakat bekerja sama melawan diskriminasi minyak sawit (crude palm oil/CPO).

2. Malaysia

Negara tetangga Indonesia yang satu ini menyandang gelar sebagai produsen terbesar kedua sebagai penghasil kelapa sawit di dunia. Produksi CPO Malaysia berada di kisaran 18,11 juta ton pada tahun 2021.

Jika dilihat dari produksi hasil kelapa sawit dunia, maka Malaysia merupakan penghasil kelapa sawit dunia sebanyak 26 persen (Aman, 2022). Daerah seperti Pahang, Sabah, Perak, Serawak, dan Johor menjadi lokasi perkebunan kelapa sawit Malaysia.

USDA memproyeksikan produksi CPO Malaysia pada periode 2022/2023 menca[ai] 18,8 juta metrik ton (MT). Mengutip laman Forbes, kelapa sawit banyak dibudidayakan di kawasan hutan hujan tropis.

Isu lingkungan menjadi tantangan yang harus dihadapi industri sawit. Namun di sisi lain, budidaya kelapa sawit juga telah meningkatkan pendapatan di bagian pedesaan negara berkembang.

3. Thailand

Sebagai negara penghasil minyak kelapa sawit terbesar ketiga di dunia, Thailand mampu menghasilkan 2,8 metrik ton sawit per tahunnya. Areal perkebunan kelapa sawit terbesar di negara ini terletak di wilayah Thailand bagian Selatan.

Sebagai upaya meningkatkan produktivitas kelapa sawitnya, Thailand mengembangkan program industri perkebunan kelapa sawit dalam jangka waktu 10 tahun mendatang. Pemerintah Thailand bahkan merencanakan adanya kenaikan hasil kelapa sawit sebesar 3 metrik ton per tahun.

4. Kolombia

Pada urutan selanjutnya ada negara tropis dari benua Amerika bagian Selatan (Amerika Latin). Kolombia menjadi penghasil sawit terbesar ke empat dan pertama dari Amerika, diumana produksinya bisa mencapai 1,8 juta metrik ton tiap tahunnya. Jumlah ini sebanyak 2,3% dari jumlah produksi kelapa sawit di dunia.

5. Nigeria

Daftar lima besar negara penghasil sawit terbesar dunia ditutup oleh Nigeria yang mampu menghasilkan 1,22 juta ton CPO per tahunnya atau 2% dari produksi kelapa sawit dunia. Nigeria sempat mengalahkan Thailand, namun pada periode setelah 2003 mengalami penurunan produksi hingga disalip.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7118 seconds (0.1#10.140)