Daftar 8 Perusahaan Terbesar RI versi Forbes Global 2.000, Bank BRI Peringkat Teratas

Selasa, 13 Juni 2023 - 15:19 WIB
loading...
Daftar 8 Perusahaan Terbesar RI versi Forbes Global 2.000, Bank BRI Peringkat Teratas
Daftar 8 perusahaan terbesar Indonesia masuk versi Forbes Global 2000. Bank BRI menduduki peringkat teratas. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Forbes kembali merilis daftar perusahaan terbesar dunia tahun ini. Perusahaan yang masuk 10 besar dunia antara lain, JPMorgan, tiga bank China , disusul raksasa teknologi Apple dan Alphabet.

Bank terbesar Amerika Serikat (AS) JPMorgan dengan aset sebesar USD3,7 triliun berada di puncak pertama kalinya sejak 2011 didorong lebih banyak simpanan nasabah dan akuisisi bank gagal First Republic Bank. Berkshire Hathaway milik Warren Buffett, turun menjadi peringkat 338 akibat kerugian yang belum direalisasi dalam portofolio investasi tahun lalu.

Global 2000 mengelompokkan perusahaan-perusahaan terbesar di dunia tersebut melalui empat indikator, yaitu penjualan, laba, aset, dan nilai pasar. Secara keseluruhan, perusahaan-perusahaan dalam daftar tahun 2023 ini memiliki total penjualan sebesar USD50,8 triliun, laba sebesar USD4,4 triliun, aset sebesar USD231 triliun, dan nilai pasar sebesar USD74 triliun. Total laba, aset, dan nilai pasar semuanya sedikit menurun dari tahun lalu, meskipun ini adalah pertama kalinya pendapatan total melampaui USD50 triliun.



Sebanyak 8 perusahaan asal Indonesia masuk dalam daftar tersebut, dengan sebagian besar adalah Badan Usaha Milik Negara atau BUMN. Separuh dari perusahaan Indonesia yang masuk dalam daftar perusahaan top global tersebut berasal dari sektor perbankan.

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk atau BRI menjadi yang paling unggul dengan menempati peringkat ke-307. Sementara tiga bank lainnya adalah PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Central Asia Tbk, dan PT Bank Negara Indonesia Tbk.

Bank Mandiri berada di peringkat ke-418, BCA berada diperingkat ke-462, dan BNI di peringkat ke-930. Selain di sektor perbankan, terdapat BUMN telekomunikasi, PT Telkom Indonesia Tbk yang menempati urutan ke-787.

Dua perusahaan lain bergerak di bidang pertambangan, yakni PT Bayan Resources Tbk dan PT Adaro Energy Tbk yang menempati urutan ke-983 dan ke ke-1.393. Sementara, di urutan terbawah perusahaan Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut adalah PT Garuda Indonesia Tbk yang menempati peringkat ke-1572.



Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan capaian tersebut merupakan bukti perusahaan mampu menjaga kinerja positif berkelanjutan dengan manajemen risiko sangat terukur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1957 seconds (0.1#10.140)