Jokowi Ungkap Alasan Bangun IKN: 56% Penduduk Indonesia Ada di Jawa

Kamis, 15 Juni 2023 - 12:04 WIB
loading...
Jokowi Ungkap Alasan Bangun IKN: 56% Penduduk Indonesia Ada di Jawa
Presiden Jokowi mengugkapkan, salah satu alasan pembangunan masif IKN Nusantara dalam acara peluncuran Indonesia Emas 2045 di Djakarta Theatre, Jakarta Pusat, Kamis (15/6/2023). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo ( Jokowi ) mengungkapkan, salah satu alasan pembangunan Ibu Kota Nusantara ( IKN ). Menurut Jokowi, saat ini beban Jakarta sudah terlalu padat.

"Beban Jakarta itu sudah sangat terlalu padat sekali. Sebagai kota pendidikan, sebagai kota pariwisata, sebagai kota bisnis, sebagai kota ekonomi, kota pemerintahan, macet semua sekarang kita dimana-mana," ucap Jokowi dalam acara peluncuran Indonesia Emas 2045 di Djakarta Theatre, Jakarta Pusat, Kamis (15/6/2023).



Oleh karena itu tambah Jokowi, harus ada pengurangan beban yang selama ini dipikul oleh Jakarta. "Beban harus dikurangi, pemerataan harus dilakukan. Tidak dalam jangka setahun sampai lima tahun mendatang, tapi juga melihat visi yang jauh kedepan," ujarnya.



Presiden Jokowi juga mengutarakan, saat ini penduduk Indonesia sudah terlalu banyak bermukim di Pulau Jawa. Oleh sebab itu, pemerintah memutuskan untuk memindahkan Ibu Kota Indonesia dari Jakarta ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur agar terjadi pemerataan.

"IKN Nusantara, banyak yang bertanya itu apa sih pak? Perlu saya sampaikan 56% penduduk Indonesia ada di Pulau Jawa, dan yang terpadat itu di Jakarta. 56% di Pulau Jawa berarti 149 juta dari 17 ribu pulau itu 149 juta ada di Jawa, itu perlu pemerataan" tegasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1807 seconds (0.1#10.140)