Rilis Buku, Zulkifli Hasan Beberkan Setahun Pencapaian Sebagai Mendag

Kamis, 15 Juni 2023 - 22:28 WIB
loading...
Rilis Buku, Zulkifli Hasan Beberkan Setahun Pencapaian Sebagai Mendag
Acara peluncuran buku Kerja Bantu Rakyat: Satu Tahun Perjalanan Zulkifli Hasan Sebagai Menteri Perdagangan di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (15/6/2023). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menandai satu tahun kiprahnya sebagai Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan meluncurkan buku "Kerja Bantu Rakyat: Satu Tahun Perjalanan Zulkifli Hasan Sebagai Menteri Perdagangan". Dalam buku ini, dibeberkan pengalaman serta capaian-capaiannya selama setahun menjalankan amanah dari Presiden Joko Widodo untuk memimpin Kementerian Perdagangan.

Salah satu keberhasilan yang patut dicatat selama setahun kiprahnya adalah sukses membuat harga minyak goreng kembali stabil. Selain itu, gejolak harga di pasar pun terkendali sehingga inflasi terbilang rendah. Tak hanya itu, Indonesia pun mencatat menjaga surplus perdagangan secara berkelanjutan.



"Saya bersyukur dapat melewati semua tantangan selama setahun ini," ungkapnya di acara peluncuran buku tersebut di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (15/6/2023).

Mendag yang akrab disapa Zulhas tersebut menceritakan, selama setahun menjabat, terbilang sudah ratusan pasar tradisional dikunjunginya secara langsung untuk mendapatkan gambaran riil di lapangan. Tak hanya di dalam negeri, demi memperluas pasar ekspor, dirinya juga aktif mencari peluang baru di sejumlah negara, dari Asia, Timur Tengah, hingga Afrika.



Zulhas menegaskan, penguatan pasar sangat penting untuk perekonomian nasional. Dengan menjaga ekspor, kata dia, devisa terus tumbuh menunjang pertumbuhan ekonomi. Mendag menyampaikan, Indonesia mencatatkan surplus hingga USD54,46 miliar pada tahun 2022 dengan impor yang terkendaliu. Alhasil, inflasi terjaga dan ekonomi mampu tumbuh sebesar 5,31%.

"Kami juga terus melakukan penindakan terhadap praktik-praktik perdagangan ilegal, termasuk baja dan pakaian bekas, untuk menjaga kelangsungan hidup UKM nasional," tambahnya.

Mendag mengatakan, buku tersebut diharapkan menjadi motivasi bagi diri serta jajarannya untuk semakin mengabdikan diri dan berfokus pada kepentingan rakyat. Zulhas pun menegaskan ingin menciptakan peluang ekonomi dan merumuskan kebijakan dalam membantu masyarakat menyongsong visi Indonesia 2045.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1964 seconds (0.1#10.140)