Kementerian BUMN Pastikan IPO PHE Tidak Menggaet Investor Jangkar

Jum'at, 16 Juni 2023 - 08:18 WIB
loading...
Kementerian BUMN Pastikan IPO PHE Tidak Menggaet Investor Jangkar
Pemerintah memastikan IPO PHE tidak menggaet investor jangkar. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara ( BUMN ) memastikan mekanisme penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) saham PT Pertamina Hulu Energi atau PHE di Bursa Efek Indonesia (BEI) tak akan menggaet pendanaan mayoritas dari investor jangkar atau anchor investor. Rencana go publik entitas Pertamina itu ditargetkan terlaksana tahun ini.

"PHE strukturnya berbeda. Ini betul-betul IPO," ujar Wakil Menteri BUMN Pahala Nugraha Mansury
saat ditemui di Gedung Nusantara I DPR, Kamis (15/6/2023).



Pahala menambahkan, pelepasan saham PHE ke publik diperkirakan berada di kisaran 5%-10% dari total kepemilikan perusahaan. Sementara, dana yang dihimpun Pertamina Hulu Energi akan disesuaikan dengan kondisi pasar dengan dana segar senilai USD 2 miliar ata setara Rp29,82 triliun.

Kementerian BUMN sejauh ini telah menggandeng lembaga keuangan maupun perbankan domestik dan internasional seperti Citibank, JPMorgan Chase & Co, Credit Suisse, Mandiri Sekuritas hingga Danareksa sebagai penasihat PHE sebelum melaksanakan IPO.



Selain PHE, pemegang saham juga menargetkan IPO Palm Co, dan Sugar Co selaku subholding PTPN III bisa terealisasi tahun ini.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2251 seconds (0.1#10.140)