Utang Menggunung, AS Bisa Lengser dari Kekuatan Finansial Global

Senin, 19 Juni 2023 - 14:21 WIB
loading...
Utang Menggunung, AS Bisa Lengser dari Kekuatan Finansial Global
Tingginya utang nasional serta kebiasaan menggunakan sanksi ekonomi disebut bisa menghancurkan citra AS sebagai kekuatan finansial global. Foto/Ilustrasi/Reuters
A A A
JAKARTA - Utang yang menumpuk dan ketergantungan pada sanksi telah membahayakan kredibilitas Amerika Serikat (AS) sebagai mitra ekonomi dan dapat menghancurkan citranya sebagai kekuatan keuangan global. Pangsa AS dalam perputaran perdagangan global turun dengan cepat, sebuah tren yang kemungkinan akan berlanjut di tahun-tahun mendatang.

"Sebelumnya 70% perdagangan internasional dilayani oleh dolar, sekarang menjadi 60%. Dapatkah Anda bayangkan, 10% hanya dalam waktu singkat – ini signifikan. Secara alami, proses ini akan berlanjut, karena AS merusak kepercayaan mitra dengan tindakan mereka. Jadi, tentu saja, bukan dalam satu atau dua tahun, tetapi dalam 10 tahun, Amerika sebagai kekuatan finansial yang besar akan lenyap," kata Kepala Komite Pasar Keuangan Duma Anatoly Aksakov kepada outlet berita Izvestia di St Petersburg International Forum Ekonomi (SPIEF), dikutip dari Russia Today, Senin (19/6/2023).



Dia mencatat, terlepas dari kekurangan dalam kebijakan luar negerinya, AS telah dilanda masalah karena kebijakan ekonominya di dalam negeri. "AS suatu hari nanti bisa mengecewakan semua orang karena secara efektif tidak bisa membayar utangnya. Produk domestik bruto yang dihasilkannya lebih kecil dari utang yang diakumulasikan dan berapa pun yang diperoleh negara tidak akan cukup untuk membayar utang tersebut," cetusnya.

Sementara itu, lanjutnya, AS terus meminjam di seluruh dunia dan membayarnya dengan menumpuk utang dalam negeri. Pada akhirnya, kata Aksakov, akan tiba saatnya utang yang begitu banyak tersebut menjadi tidak mungkin dibayar dan ekonomi AS pun akan runtuh.

AS nyaris menghindari gagal bayar utang pertamanya awal bulan ini ketika Presiden Joe Biden menandatangani undang-undang yang menangguhkan batas utang Washington sebesar USD31,4 triliun hingga 1 Januari 2025. Hal ini berarti bahwa pemerintah AS dapat terus membayar layanan di dalam negeri, seperti jaminan sosial dan Medicare, dengan meminjam uang ke luar negeri dan secara efektif menumpuk lebih banyak utang.

Utang nasional AS tercatat melampaui rekor USD32 triliun untuk pertama kalinya pada pekan lalu, berdasarkan data yang dirilis pada hari Jumat (16/6) oleh Departemen Keuangan. Rekor itu dicapai kurang dari dua minggu setelah Presiden Joe Biden menandatangani undang-undang yang menangguhkan batas utang Washington sebesar USD31,4 triliun, mencegah apa yang akan menjadi default utang AS yang pertama.



Langkah tersebut memungkinkan pemerintah AS untuk meminjam dana tak terbatas hingga 1 Januari 2025, ketika penangguhan plafon utang berakhir. Plafon dihapus setelah Departemen Keuangan AS secara berulang memperingatkan bahwa kecuali langkah itu diambil, negara akan gagal memenuhi kewajibannya alias default.

Batas pinjaman tercapai kembali pada bulan Januari, dan Departemen Keuangan memiliki opsi terbatas yang dapat diterapkan untuk mencegah default, yang diperkirakan terjadi pada awal Juni. Peringatan tersebut memicu perdebatan sengit selama berbulan-bulan antara Partai Republik dan Demokrat mengenai prioritas pengeluaran, yang membahayakan persetujuan tindakan tersebut.

Pada hari kerja pertama setelah plafon utang dihapuskan, pinjaman federal melonjak sekitar USD400 miliar. Menurut New York Times, angka USD32 triliun tercapai sembilan tahun lebih cepat dari perkiraan pra-pandemi Covid-19. Para ahli mengatakan, untuk menghindari krisis lain, pemerintah perlu mengatasi faktor-faktor pendorong utang.

"Saat kita berpacu melewati USD32 triliun tanpa akhir yang terlihat, sudah lewat waktu untuk mengatasi pendorong fundamental utang kita, yang merupakan pertumbuhan pengeluaran wajib dan kurangnya pendapatan yang cukup untuk mendanainya," ujar Kepala Yayasan Peter G Peterson, Michael A Peterson. Menurut proyeksi yayasan tersebut, AS bisa menumpuk utang USD127 triliun lagi selama 30 tahun ke depan, dengan biaya bunga yang bakal menguras sekitar 40% dari pendapatan federal negara itu pada tahun 2053.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2755 seconds (0.1#10.140)