Dukung Komunitas Pesisir, AIS Forum Gandeng MSG Gelar Pelatihan Wirausaha dan Ekonomi Biru

Selasa, 20 Juni 2023 - 15:15 WIB
loading...
Dukung Komunitas Pesisir, AIS Forum Gandeng MSG Gelar Pelatihan Wirausaha dan Ekonomi Biru
AIS Forum dan Melanesian Spearhead Group menggelar program pelatihan Bluepreneur: Coastal Youth Community Training di Vanuatu, 15-17 Juni 2023. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ekonomi dan perdagangan di kawasan Asia-Pasifik diproyeksikan akan terus tumbuh dan berkembang. Salah satu penopang utama adalah sektor usaha kecil menengah (UKM) .

Tak hanya mendorong tumbuh kembang UKM sebagai penggerak perekonomian, upaya menumbuhkan bibit kewirausahaan di kalangan anak muda juga harus digiatkan, termasuk di negara-negara kepulauan seperti Indonesia dan negara-negara anggota AIS Forum.

Untuk itulah, Sekretariat Forum Negara-negara Pulau dan Kepulauan (Archipelagic and Island States Forum/AIS Forum) dan Melanesian Spearhead Group (MSG) menggelar program pelatihan Bluepreneur: Coastal Youth Community Training di Vanuatu, pada 15-17 Juni 2023.

Program yang digelar selama tiga hari ini sebagai sebuah upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan komunitas lokal terhadap ekonomi biru dan aktivitas maritim yang berkelanjutan, khususnya di wilayah pasifik.

Direktur Jenderal MSG, Leonard Louma, menyatakan optimismenya terhadap hasil kerja sama pertama antara AIS Forum dan MSG ini. “Dengan hangat saya menyambut seluruh peserta pelatihan Bluepreneur ini sebagai kolaborasi pertama antara Sekretariat AIS Forum dan MSG,” ujarnya, dikutip Selasa (20/6/2023).

“Saya berharap ini dapat membuka jalan kerja sama lainnya antara Sekretariat AIS Forum dan MSG untuk usaha-usaha bersama di masa depan,” imbuh Louma.

Kegiatan pelatihan yang berlangsung di Port Vila, Vanuatu merupakan rangkaian dari pelaksanaan Pertemuan Pejabat Tinggi AIS Forum yang berlangsung pada 7 Juni 2023 di Suva, Fiji.

Kolaborasi dari Sekretariat AIS Forum dan MSG merupakan bagian dari peta jalan (roadmap) MSG untuk isu-isu terkait offshore fisheries management and sustainability (penangkapan ikan lepas pantai yang berkelanjutan) dan Program AIS Blue Hub dari AIS Forum yang menekankan pada penguatan kewirausahaan di bidang ekonomi biru.

“Bersama, kita perlu mengumpulkan dan saling menghubungkan modal dan keterampilan yang tersedia dan dibutuhkan oleh para wirausahawan di Pasifik, demi menguatkan eksposur pasar, keterampilan dalam berbisnis, dan keterampilan manajemen serta strategi bisnis,” kata perwakilan dari Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Sora Lokita.

Pelatihan tersebut mendatangkan pembicara dari Vanuatu, Papua Nugini, dan Indonesia. Selama tiga hari para peserta dibekali berbagai materi dari para pakar terkait dasar-dasar berbisnis, manajemen bisnis, perencanaan dan penetapan tujuan serta dampaknya terhadap SDGs (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan), strategi pemasaran, dasar keuangan dan pembukuan untuk UMKM, serta sesi pengembangan untuk formulasi produk.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3564 seconds (0.1#10.140)