Kendali China di Dalam Produsen Ban Terbesar Asal Italia Dibatasi

Rabu, 21 Juni 2023 - 05:16 WIB
loading...
Kendali China di Dalam Produsen Ban Terbesar Asal Italia Dibatasi
Italia membatasi kendali China di dalam produsen ban asal Italia, Pirelli. Pemerintah Italia bergerak cepat memblokir perusahaan milik negara China, sebelum ambil kendali atas raksasa pembuat ban tersebut. Foto/Dok
A A A
MILAN - Italia membatasi kendali China di dalam produsen ban terbesar dunia asal Italia, Pirelli. Pemerintah Italia bergerak cepat memblokir perusahaan milik negara China, sebelum mengambil kendali atas raksasa pembuat ban tersebut.

Keputusan ini merupakan bagian dari langkah-langkah yang diumumkan oleh pemerintah Italia untuk melindungi Pirelli. Raksasa kimia Sinochem yang dikendalikan Beijing merupakan pemegang saham terbesar Pirelli, dengan 37% saham di perusahaan berusia 151 tahun yang berbasis di Milan itu.

Langkah ini mencuat ketika ketegangan antara Beijing dan Barat menjadi fokus pertemuan saat menteri luar negeri AS mengunjungi China.

Pada akhir pekan kemarin, Pirelli mengatakan, dalam sebuah pernyataan kepada investor bahwa pemerintah Italia telah memutuskan bahwa hanya Camfin – sebuah perusahaan yang dikendalikan oleh bos Pirelli Marco Tronchetti Provera – yang dapat mencalonkan kandidat untuk menjadi kepala eksekutif perusahaan.



Pirelli juga mengungkapkan, pemerintah telah memutuskan bahwa setiap perubahan pada tata kelola perusahaan harus tunduk pada pengawasan. Sebelumnya, Sinochem mengatakan kepada pemerintah Italia pada bulan Maret bahwa mereka berencana memperbarui pakta pemegang saham yang ada.

Dilansir BBC, Pemerintahan Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni sedang memeriksa perjanjian di bawah aturan yang disebut "Prosedur Kekuatan Emas". Dimana kebijakan ini bertujuan melindungi bisnis yang dipandang penting dan strategis bagi negara.

Pada tahun 2015, Pirelli dijual seharga USD7,8 miliar kepada grup investor yang di dalamnya termasuk ChemChina dan Camfin. Enam tahun kemudian ChemChina bergabung dengan Sinochem sebagai perusahaan milik negara (China). Dana investasi Silk Road pemerintah China juga memiliki 9% saham di Pirelli.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2056 seconds (0.1#10.140)