Empat Media MNC Group Borong Juara PLN Journalist Award 2022

Rabu, 21 Juni 2023 - 10:48 WIB
loading...
Empat Media MNC Group Borong Juara PLN Journalist Award 2022
Empat media di bawah MNC Group menyabet gelar juara jurnalistik di ajang PLN Journalist Award 2022. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Empat media di bawah MNC Group menyabet gelar juara jurnalistik di ajang PLN Journalist Award 2022 . Penghargaan diserahkan Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo di kantor pusat PLN, Jakarta, Rabu (20/1/2022).

Empat media yang memenangi penghargaan yakni MNCTV sebagai Juara 1 kategori Hard News Audio Visual dan iNews yang menjadi Terbaik II pada kategori Feature Audio Visual. Kemudian, Portal berita IDXchannel.com menyabet Juara 1 untuk kategori Foto Essay dan Koran Sindo sebagai Terbaik III kategori Feature Media Cetak.

Darmawan Prasodjo mengungkapkan, PLN Journalist Award merupakan bentuk apresiasi PLN terhadap jurnalisme berkualitas di Indonesia. Penghargaan ini sekaligus wujud nyata sinergi kolaboratif perseroan dengan media. Dengan demikian, pola komunikasi PLN dengan media bukan lagi satu arah, pasif dan kaku seperti masa lampau, tetapi menjadi dua arah, interaktif, cair dan saling memberikan feedback yang positif.

"Saya ucapkan selamat kepada para pemenang, juga untuk insan pers di Indonesia yang sudah mendukung bagimana menyampaikan pesan-pesan positif kepada masyaraat mengenai kelistrikan. Harapannya kemesraan ini bukan hanya award saja, tapi bagaimana PLN ini bisa menjadi rumah kita bersama," tutur Darmawan.



PLN Jorunalist Award 2022 bertema Transisi Energi Dorong Pemanfaatan Energi Ramah Lingkungan. Tema besar itu dibagi dalam empat subtema yaitu transisi energi sebagai momentum kebangkitan ekonomi negeri, transisi energi demi kehidupan yang lebih baik, transisi energi mendorong pemanfaatan energi kerakyatan dan masyarakat tumbuh dan tangguh bersama listrik.

Terdapat delapan kategori yang dilombakan, meliputi Hard News Media Cetak, Feature Media Cetak, Hard News Media Online, Feature Media Online, Hard News TV (Audio Visual), dan Feature TV (Audio Visual). Kemudian, Foto Essay, serta Foto Tunggal.

Dibandingkan dua tahun sebelumnya, jumlah partisipan lomba jurnalistk ini melesat, mencapai 1.003 karya. Seluruh karya jurnalis dikurasi dan dinilai oleh lima juri yang berkompeten di bidangnya.

Reportase tentang pemanfaatan sampah di Cilegon, Banten, oleh jurnalis MNCTV dinilai yang terbaik oleh Dewan Juri. Tumpukan sampah itu diolah menjadi bahan bakar pengganti batubara co-firing untuk Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Suralaya.

Pemimpin Redaksi MNCTV Latief Siregar mengapresiasi penghargaan ini. Gelar juara yang diraih menjadi pemacu bagi MNCTV untuk terus menyuguhkan liputan jurnalistik berkualitas kepada masyarakat Indonesia. Sementara di IDXchannel, fotografer Maman Sukirman menjadi yang terbaik. Maman memotret perahu bertenaga listrik melintas di kawasan karst Ramang-ramang, Sulawesi Selatan.



Selain memberikan penghargaan kepada para pemenang kompetisi jurnalistik, Dirut PLN juga memberikan apresiasi kepada para pemimpin redaksi media massa. Mereka dinilai berkontribusi atas pemberitaan positif mengenai kelistrikan di Indonesia.

"Saya mengapresiasi komunikasi antara insan pers dengan PLN. Dengan kolaborasi ini, informasi terkait kerja keras yang dilakukan PLN bisa diterima masyarakat," ucapnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2015 seconds (0.1#10.140)