Erick Thohir Ungkap Permintaan Besar Jokowi Soal Integrasi Ekosistem Logistik

Jum'at, 23 Juni 2023 - 18:45 WIB
loading...
Erick Thohir Ungkap Permintaan Besar Jokowi Soal Integrasi Ekosistem Logistik
Menteri Erick Thohir mengungkapkan, permintaan besar Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait dengan ekosistem logistik di Tanah Air. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan, permintaan besarPresiden Joko Widodo (Jokowi) terkait dengan ekosistem logistik di Tanah Air. Diterangkan, Presidenmeminta adanya percepatan pelaksanaan terinterkoneksi pembangunan ekosistem logistik meliputi sektor kebandaraan, pelabuhan, kereta api, dan jalan tol.



Menurutnya, terinterkoneksi ekosistem atau infrastruktur pergerakan barang menjadi kunci untuk percepatan pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga pembukaan lapangan pekerjaan baru.

"Seperti disampaikan Bapak Presiden bahwa percepatan pembangunan ekosistem logistik yang tentu terinterkoneksi, apakah itu airport, pelabuhan, kereta, jalan tol," ungkap Erick Thohir saat ditemui di tempat kerjanya, Jakarta, Jumat (23/6/2023).



Dia mengaku, rantai pasok (supply chain) logistik di Tanah air saat ini masih terdistrupsi. Meski demikian, pemerintah terus berupaya menyelesaikan persoalan tersebut.

Dalam memperkuat infrastruktur pergerakan barang, Erick Thohir mengaku pemerintah sudah menggelontorkan anggaran bernilai fantastis. Meski tidak merinci nominalnya, dia memastikan alokasi dana itu di arah yang tepat.

"Ini yang kadang-kadang dipersepsikan 'oh kenapa pemerintah membangun infrastruktur dengan modal pembiayaan yang besar apakah benar arahnya?' ya benar," katanya.

Erick ingin Indonesia mengikuti jejak Korea Selatan (Korsel) dan Uni Emirat Arab (UEA) yang dinilai berhasil membangun infrastrukturnya. Sejak awal, Negeri Ginseng itu berani menggelontorkan 50% Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) untuk membangun dan mengembangkan infrastruktur. Langkah serupa juga dilakukan UAE.

Investasi besar-besaran UAE dan Korsel di sektor pembangunan pun berbuah manis. Bisnis pelabuhan hingga bandara kedua negara kini menjadi pusat logistik dunia. UAE misalnya berhasil memimpin pusat logistik dari Asia dan Timur Tengah ke Afrika dan Eropa.

"UAE juga sama dia sukses karena pembangunan infrastruktur. Di pelabuhan, airport, dan menjadi center daripada logistik dunia sekarang, interkoneksi dari Asia, Middle East (Timur Tengah) ke Afrika dan Eropa," ucap Erick.

"Coba lihat, mana penerbangan di tempat lain sekarang? dulu Singapura, sekarang Dubai, sekarang Turki juga masuk lagi, ini yang kadang mimpi besar yang diimplemen dalam keseharian yang menjadi kunci, karena percepatan dari pembangunan ekosistem logistik ini akan jadi kunci ekonomi dan pembukaan lapangan pekerjaan untuk cita-cita kita menjadi negara besar," lanjut dia.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1659 seconds (0.1#10.140)