Kementan Minta Masyarakat Bogor Terus Kembangkan Pertanian Pekarangan

Minggu, 26 Juli 2020 - 16:07 WIB
loading...
Kementan Minta Masyarakat Bogor Terus Kembangkan Pertanian Pekarangan
Kementan Minta Masyarakat Bogor Terus Kembangkan Pertanian Pekarangan
A A A
KOTA BOGOR - Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Agung Hendriadi mendorong pemanfaatan lahan pekarangan sebagai penopang ketahanan pangan keluarga. Hal tersebut diungkapkan Agung saat melihat langsung aktivitas Kelompok Wanita Tani (KWT) Ciharashas yang berlokasi di Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jumat (25/72020)

“Selain dapat dikembangkan sebagai sumber pangan yang beragam dan bergizi bagi keluarga, pemanfaatan lahan pekarangan juga berperan dalam meningkatkan kemampuan masyarakat untuk berproduksi sehingga menggerakkan ekonomi, karena hasil pekarangan potensial sebagai sumber pendapatan keluarga,” ujar Agung.

Apa yang disampaikan Agung tersebut selaras dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam berbagai kesempatan yang menegaskan bahwa pertanian di pekarangan menjadi jawaban di tengah dampak pandemi Covid-19 dan ancaman krisis pangan yang melanda dunia.

Pertanian pekarangan menjadi salah satu upaya diversifikasi pangan yang digalakkan oleh Kementerian Pertanian melalui program peningkatan ketersediaan pangan di era new normal yang meliputi peningkatan kapasitas produksi, diversifikasi pangan lokal, penguatan cadangan dan sistem logistik pangan, serta pengembangan pertanian modern.

Lebih lanjut dikatakan Agung, Kota Bogor memiliki potensi lahan yang luas dan curah hujan yang cukup untuk dapat menjadi daerah penghasil sayuran.

“Dengan potensi lahan yang luas silakan dikembangkan, manfaatkan lahan yang ada, kembangkan penyediaan bibit di demplot,” ujarnya.

Jika kegiatan yang dilakukan KWT Ciharashas ini diikuti oleh seluruh KWT yang ada di Kota Bogor maka bukan tidak mungkin Kota Bogor akan menjadi Kota Sayur, harapnya.

“Saya melihat ini sebagai penyuplai pangan, Bogor ini yang paling dekat dengan Jakarta, ke depan saya harap Bogor bisa menjadi Kota Sayur yang menyuplai pangan ke Ibukota” ungkapnya.

Sementara itu Ketua KWT Ciharashas Umiyati mengungkapkan jika kebun demplot kelompoknya merupakan bagian dari Kampung Wisata yaitu Kampung Tematik Agro Eduwisata Organik Mulyaharja, dimana dalam kegiatan kampung wisata tersebut, saung KWT Ciharashas menjadi saung utama dalam penerimaan kunjungan tamu.

“Sebagai bagian dari Agro Eduwisata Organik, kegiatan KWT di sini juga sekaligus memberikan edukasi dalam memanfaatkan lahan pekarangan, biasa nya pengunjung anak sekolah dan mereka tertarik ketika mampir ke kebun demplot” ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1067 seconds (0.1#10.140)