Luhut Bakal Alihkan Ekspor CPO ke Afrika, Pengusaha Sawit: Tidak Semudah Itu

Selasa, 27 Juni 2023 - 11:45 WIB
loading...
Luhut Bakal Alihkan Ekspor CPO ke Afrika, Pengusaha Sawit: Tidak Semudah Itu
Merespons Menko Luhut yang ingin mengalihkan ekspor ekspor minyak sawit (CPO) ke Afrika, pengusaha sawit yang tergabung dalam GAPKI lebih memilih China saat Eropa menolak IPO asal Indonesia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Gabungan Pengusaha Sawit Indonesia (GAPKI) Eddy Martono mengungkapkan, bahwa mengalihkan ekspor minyak sawit (CPO) ke Afrika bukan hal mudah. Hal itu merespons pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan usai terbitnya Undang-undang Uni Eropa tentang Deforestasi (EUDR) yang telah diberlakukan pada 16 Mei 2023 lalu.

"Gini, jadi memang memang tidak semudah itu. Sekarang saja, bukannya saya menentang Pak Luhut bukan. Tapi kita harus melihat secara komperhensif, satu sudah siap belum pasar Afrikanya? Kan kita harus mengembalikan dulu pasar-pasar tersebut," terangnya ketika ditemui di Jakarta, Senin (27/6/2023).



Eddy pun mengungkapkan, saat ini, pihaknya tengah mengkaji alternatif pasar lain mulai dari Eropa Timur hingga China. Dikatakannya, GAPKI bersama Kemenkomarves juga telah bekerjasama dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melakukan kunjungan ke China.

"Itulah yang sekarang sedang jalan. Tidak bisa kita langsung ahlikan, tetapi kita sekarang rintis dulu," imbuhnya.

Lebih lanjut Eddy mengaku setuju bahwa Indonesia jangan terlalu bergantung dengan Eropa terkait ekspor sawit ini.

"(Ekspor) Eropa praktis sekarang menurun dari 5 juta turun 4 juta sekarang tinggal 3,5 juta. Apakah ini akan bertahan turun terus? kenapa kita istilahnya dengan 3 juta kita terlalu bergantung, kenapa kita tidak mencari pasar lain yang lebih atractive kaya China? China tuh penduduknya tinggi banget, dan mereka itu jadi terbesar importir sawit kita sekarang," tukasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1691 seconds (0.1#10.140)