Kelola Ruang Terbuka Hijau, Begini Strategi LPKR

Selasa, 27 Juni 2023 - 17:14 WIB
loading...
Kelola Ruang Terbuka Hijau, Begini Strategi LPKR
LPKR berkomitmen melakukan peremajaan RTH di sejumlah pengembangan kota mandiri. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Lippo Karawaci Tbk ( LPKR ) berkomitmen melakukanperemajaan ruang terbuka hijau (RTH) di sejumlah pengembangan kota mandiri, seperti di LippoVillage, Lippo Cikarang, dan Tanjung Bunga, Makassar.

Group CEO LPKR John Riady mengatakan selama bertahun-tahun LPKR telah menanam lebihdari 160.000 pohon di Lippo Village, Lippo Cikarang, dan Tanjung Bunga, yang sebagian besarditanam oleh penduduk setempat dan kelompok masyarakat.

"Dengan menanam pohon, tidakhanya sekedar mempercantik lingkungan perkotaan, tetapi juga membantu memerangi perubahaniklim karena pohon-pohon ini juga berperan sebagai penyerap karbon untuk mengimbangi emisi,"jelas John melalui pernyataannya, dikutip, Selasa (27/6/2023).



Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengubah bidang tanah kosong menjadi taman umumserta melakukan pemeliharaan rutin dan penataan ruang. Selain berfungsi memperindah kawasansekitar, upaya tersebut juga membuat kota lebih sejuk sekaligus meningkatkan kualitas udara.

John juga menyampaikan bahwa pada tahun 2022, LPKR membuka lebih dari 12.400 meterpersegi ruang terbuka hijau baru dan mengembangkan 39 taman. Adapun fasilitas pembibitantanaman di Lippo Village sendiri merupakan rumah bagi sekitar 20.000 tanaman dari 101 spesiestanaman yang berbeda yang digunakan dalam lanskap wilayah perumahan.

LPKR menghabiskantotal Rp17 miliar untuk kegiatan tata ruang di tahun 2022 guna memelihara keasrian kawasan.Upaya ini menunjukkan komitmen perusahaan untuk melestarikan keanekaragaman hayati danmemelihara ekosistem alam.



"Kami berusaha menciptakan keseimbangan yang harmonis antara ruang terbuka hijau danpemandangan alam yang asri, sehingga memungkinkan penghuni dan masyarakat umum untukmenikmati lingkungan hidup yang indah dan sehat," tegas John.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1264 seconds (0.1#10.140)