Hubungan AS dan China Bakal Semakin Lengket, Ini Buktinya

Jum'at, 30 Juni 2023 - 16:00 WIB
loading...
Hubungan AS dan China Bakal Semakin Lengket, Ini Buktinya
Menteri Keuangan AS Janet Yellen akan mengunjungi China untuk membangun kembali hubungan dengan para pemimpin baru. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan AS Janet Yellen dikabarkan akan mengunjungi China untuk membangun kembali hubungan dengan para pemimpin baru. Ketegangan antara China dan Amerika Serikat (AS) telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir dengan Presiden Joe Biden dan pendahulunya Donald Trump menyebut Beijing sebagai ancaman paling serius bagi pembangunan global dalam jangka panjang.

Namun, pemerintahan Biden baru-baru ini berusaha meredam ketegangan, dengan Yellen mengatakan kepada MSNBC bahwa harapannya untuk berkunjung ke China adalah untuk membangun kembali hubungan.

"Ada sekelompok pemimpin baru, kita perlu mengenal satu sama lain," ujar Yellen, dikutip hongkongfp, Jumat (30/6/2023).



Namun, Yellen menolak untuk memberikan tanggal pasti untuk kunjungannya ke Beijing, yang menurut laporan Bloomberg akan dilakukan pada awal bulan depan.

Perselisihan antara China dan AS yang semakin sengit terkait larangan ekspor semikonduktor oleh Washington dan pembatasan perdagangan lain. Yellen mengakui dalam wawancara bahwa kedua negara memiliki perbedaan pendapat, dan menekankan bahwa AS akan terus mempertahankan kepentingan keamanan nasionalnya.

"AS akan terus mengambil tindakan yang dimaksudkan untuk melindungi kepentingan keamanan nasional kami dan kami akan melakukannya bahkan jika itu membebani kami secara ekonomi," kata Yellen.

Meski demikian, persaingan ekonomi dianggap Yellen akan menguntungkan kedua negara apabila dilakukan dengan sehat. "Persaingan sehat menguntungkan baik bisnis dan pekerja AS maupun bisnis dan pekerja China. Ini adalah sesuatu yang mungkin dan diinginkan," katanya.



Perjalanan Yellen ke China dilaporkan terjadi setelah kunjungan pejabat tinggi AS, Antony Blinken, ke Beijing bulan ini. Kunjungan pertama oleh Menteri Luar Negeri AS sebagai lawatan pertama setelah hampir 5 tahun terakhir.

Blinken bertemu dengan Presiden Xi Jinping, yang mengatakan bahwa kedua negara telah membuat kemajuan dan mencapai kesepakatan meskpun isu-isu tidak disebutkan.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2083 seconds (0.1#10.140)