Perang Chip, AS dan Belanda Siap Beri Pukulan Telak ke China

Jum'at, 30 Juni 2023 - 22:00 WIB
loading...
Perang Chip, AS dan Belanda Siap Beri Pukulan Telak ke China
AS dan Belanda siap untuk memberikan pukulan telak kepada para pembuat chip China. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Amerika Serikat (AS) dan Belanda siap untuk memberikan pukulan telak kepada para pembuat chip China dengan membatasi lebih lanjut penjualan alat pembuatan chip.

Kebijakan tersebut sebagai bagian dari upaya berkelanjutan kedua negara untuk mencegah teknologi mereka digunakan untuk memperkuat militer China. Sementara, Belanda berencana untuk membatasi peralatan tertentu dari ASML dan perusahaan lain.

AS diperkirakan akan melangkah lebih jauh dan menggunakan kekuasaaannya untuk membatasi penjualan perlatan chip ke China. Namun, Pemerintah Belanda dan ASML menolak berkomentar, demikian pula Departemen Perdagangan AS, yang mengawasi kontrol ekspor.



Mengutip Reuters, AS pada Oktober lalu telah memberlakukan pembatasan ekspor pada pengiriman alat pembuatan chip ke China dari Lam Research and Applied Materials dengan alasan keamanan nasional, dan melobi negara-negara lain dengan pemasok utama untuk mengadopsi pembatasan serupa.

Juru bicara Kedutaan Besar China Liu Pengyu di Washington mengecam langkah tersebut dan mengatakan bahwa AS dengan sengaja memblokade dan menghambat perusahaan-perusahaan China serta secara paksa merelokasi industri dan mengatakan bahwa China akan mengikuti perkembangan dengan seksama dan dengan tegas menjaga kepentingan sendiri.

Jepang, rumah bagi pembuat peralatan chip Nikon Corp dan Tokyo Electron Ltd, sejak itu telah mengadopsi peraturan untuk membatasi ekspor 23 jenis peralatan manufaktur semikonduktor yang akan mulai berlaku pada 23 Juli.

Pemerintah Belanda juga berencana mengumumkan peraturan baru dengan persyaratan lisensi untuk lini produk terbaik kedua ASML, peralatan semikonduktor deep ultra violet (DUV). Mesin ASML yang paling canggih, mesin litografi EUV ultra violet ekstrem sudah dibatasi, dan belum pernah dikirim ke China.

ASML mengatakan pada bulan Maret bahwa mereka memperkirakan peraturan Belanda akan mempengaruhi TWINSCAN NXT: 2000i dan model yang lebih canggih. Tetapi model DUV perusahaan yang lebih tua, seperti yang disebut TWINSCAN NXT: 1980Di, juga dapat disimpan dari sekitar enam fasilitas China oleh AS.

Fasilitas tersebut akan diidentifikasi melalui peraturan AS yang baru yang memungkinkan AS untuk membatasi peralatan asing. Peraturan baru Bakan segera berlaku pada September setelah publikasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1510 seconds (0.1#10.140)