Lestarikan Seni Budaya Lokal, Gardu Ganjar Meriahkan Tradisi Ngaruwat Bumi

Minggu, 02 Juli 2023 - 10:30 WIB
loading...
A A A
"Ruwatan bagi kami adalah merawat. Merawat berarti memelihara. Ruwatan Bumi di sini berarti kami harus memelihara bumi. Hari ini kami acaranya ada rampak bedug, bendrong lesung ya kegiatan yang ada di sanggar seni Yudha Asri ini," katanya.



Lebih lanjut, Ruyadi yang akrab disapa Utin turut mengapresiasi kelompok sukarelawan Gardu Ganjar yang telah mendukung penyelenggaraan kegiatan Ngaruwat Bumi kali ini. Berkat dukungan dari Gardu Ganjar, Utin mengatakan rangkaian kegiatan tahun ini bisa berlangsung lebih panjang dari penyelenggaraan acara yang sama pada tahun-tahun sebelumnya.

"Kami biasanya untuk tahun-tahun yang kemarin kita hanya sehari semalam. Karena ada dukungan dan dorongan dari Gardu Ganjar, alhamdulillah kita bisa melaksanakan dalam tiga hari tiga malam," tutur Utin.

Dia bersama para pegiat seni di Banten pun mengaku siap mendukung Ganjar menjadi Presiden 2024 mendatang dengan harapan dapat melestarikan dan memajukan kesenian dan kebudayaan tradisional. "Untuk Pak Ganjar kalau terpilih nanti untuk adatnya, keseniannya, jangan sampai hilang. Terus dimajukan," ujar Utin.

(nng)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1456 seconds (0.1#10.140)