Mengejutkan, Airbus Uji Pesawat Terbang Tanpa Pilot

Senin, 03 Juli 2023 - 08:02 WIB
loading...
Mengejutkan, Airbus Uji Pesawat Terbang Tanpa Pilot
Airbus uji pesawat terbang tanpa pilot. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Sulit untuk tidak merasa sedikit kewalahan saat berada di kampus Airbus di Toulouse. Tempat ini sangat luas dan menjadi tempat kerja bagi 28.000 karyawan ditambah ratusan pengunjung yang ingin melihat pesawat-pesawat yang sedang dibuat.

Tempat ini juga merupakan rumah bagi banyak penelitian dan pengembangan Airbus termasuk proyek Dragonfly yang baru saja selesai, sebuah eksperimen untuk memperluas penerbangan tanpa pilot .

Mengutip BBC, selama 50 tahun terakhir otomatisasi dalam penerbangan telah mengubah peran pilot. Saat ini, pilot memiliki lebih banyak bantuan dari teknologi di kokpit.



Proyek Dragonfly, yang dilakukan pada Airbus A350-1000, memperluas otonomi pesawat lebih jauh lagi. Proyek ini berfokus pada pendaratan otomatis yang lebih baik, bantuan taksi, dan pengalihan darurat otomatis.

Kepala pilot uji coba pesawat komersil Airbus Malcolm Ridley meyakinkan bahwa risiko kecelakaan udara sangat kecil. "Namun, pesawat dan kru harus siap menghadapi skenario apa pun, sehingga Project Dragonfly menguji sistem pendaratan darurat otomatis," kata dia.

Idenya adalah teknologi ini akan mengambil alih jika pilot harus fokus pada pengambilan keputusan yang berat atau jika mereka tidak mampu. Di bawah kendalinya sendiri, pesawat dapat turun dan mendarat, sambil mengenali pesawat lain, cuaca, dan medan.

Sistem ini juga memungkinkan pesawat untuk berbicara dengan kontrol lalu lintas udara melalui radio dengan suara sintetis yang dibuat melalui penggunaan kecerdasan buatan.

Banyak hal yang harus dilakukan oleh sistem pesawat. Salah satu tantangannya adalah mengajarkan sistem untuk memahami semua informasi dan menciptakan solusi, kata Miguel Mendes Dias, Perancang Operasi Darurat Otomatis.

"Pesawat perlu, dengan sendirinya, memulihkan semua informasi. Jadi, pesawat perlu mendengarkan pesan bandara dari kontrol lalu lintas udara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1154 seconds (0.1#10.140)