Gerojok Hampir Rp1,5 Triliun, PUPR Kebut Proyek Pengendalian Banjir Kawasan NYIA

Kamis, 06 Juli 2023 - 16:24 WIB
loading...
Gerojok Hampir Rp1,5 Triliun, PUPR Kebut Proyek Pengendalian Banjir Kawasan NYIA
Pengerjaan proyek pengendalian banjir Bandara New Yogyakarta Internasional Airport terus dikebut. Foto/Dok
A A A
YOGYAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR ) menargetkan pembangunan proyek Pengendalian Banjir Kawasan Bandara New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA) rampung akhir tahun 2023. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Sungai dan Pantai 2 Satuan Kerja Pelaksanaan Jaringan Sumber Air BBWS Serayu Opak Sony Santoso mengatakan, target tersebut sejalan dengan arahan dari oleh Menteri PUPR.



Sony menjelaskan, proyek ini terbagi menjadi empat bagian yang terdiri dari Pembangunan Pengaman Muara Sungai Bogowonto Sisi Barat (KSN YIA) dengan nilai proyek Rp428 miliar yang saat ini progres pembangunannya sudah mencapai 99,9%.

Kemudian Pembangunan Pengaman Muara Sungai Bogowonto Sisi Timur (KSN YIA) dengan nilai proyek Rp413 miliar. Saat ini pembangunan tersebut sudah selesai, hanya tinggal perapihan di sejumlah lokasi.

Sementara untuk Pembangunan Sarana Pengendali Banjir Sungai Bogowonto dan Anak-Anak Sungainya (KSN YIA) dengan nilai proyek Rp360 miliar progres pembangunannya sudah mencapai 77%.

Sedangkan Pembangunan Prasarana Pengendali Banjir Kawasan Strategis NYIA pada DAS Serang (KSN YIA) dengan nilai proyek Rp295 miliar, progres pembangunannya sudah mencapai 87%.

"Akhir tahun ini harus sudah selesai, targetnya kemarin sama Pak Menteri waktu kunjungan beliau," kata Sony di Kulonprogo, Kamis (7/7/2023).

Sony menjelaskan, saat ini pihaknya tengah menyelesaikan sejumlah pekerjaan yang berkaitan dengan pembebasan lahan di sejumlah proyek Pengendalian Banjir Kawasan Bandara New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA).

"Masalah tanah di beberapa titik, di sini ada terdampak oleh pembebasan lahan, nego sampai Agustus semoga tengah-tengah Agustus bisa selesai," katanya.

Menurut Sony, proyek ini ditujukan untuk melindungi dan mengamankan Kawasan Strategis YIA dari banjir seluas 600 hektare dan Kawasan pertanian dan pemukiman di Kec. Temon, Panjatan, Wates Kab Kulon Progo dan Kec. Purwodadi, Kec. Bagelen dan Kec Ngombol di Kabupaten Purworejo seluas 2.000 Ha.



Jika ditotal, anggaran empat proyek Pengendalian Banjir Kawasan Bandara New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA) mencapai Rp1,49 triliun.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1727 seconds (0.1#10.140)