Setelah Gaet Anies dan Kang Emil, Sri Mulyani Merapat ke Ganjar dan Khofifah

Senin, 27 Juli 2020 - 14:40 WIB
loading...
Setelah Gaet Anies dan Kang Emil, Sri Mulyani Merapat ke Ganjar dan Khofifah
Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah berencana memperluas pinjaman dana kepada pemerintah daerah. Sebelumnya, DKI Jakarta dan Jawa Barat telah mendapatkan dana pinjaman senilai Rp16,1 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani kemudian mengajak Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa segera mengajukan pinjaman kepada PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) dalam rangka pemulihan ekonomi di daerahnya.

"Kita harap Jatim dan Jateng sedang dibahas dan mereka mungkin harus sampaikan permintaan resmi seperti Pak Anies dan Pak Ridwan Kamil yang sampaikan kebutuhan pinjamannya. Jadi kalau para gubernur lihat bapak berdua, mereka bisa lebih confidence untuk sampaikan proyek-proyeknya," kata Sri Mulyani melalui video conference, Jakarta, Senin (27/7/2020). ( Baca juga:DKI dan Jabar Paling Merana Imbas Corona, Menkeu Sri Utangi Anies dan Kang Emil Rp16,5 T )

Mantan Direktur Pelaksana Bank Duni menyebutkan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi pemerintah daerah jika ingin mendapatkan pinjaman dari PT SMI. Syarat yang paling utama adalah perekonomian daerahnya terdampak Covid-19, lalu memiliki proyek infrastruktur yang siap dieksekusi.

"Tentu kita berharap untuk pengawasannya. Sebetulnya yang paling berkepentingan adalah kepala daerah agar proyek berjalan. Mereka menginginkan dana itu betul-betul membangkitkan kembali ekonomi masyarakat," jelasnya.

Pinjaman dana pemerintah itu memang bisa membangkitkan kembali roda ekonomi daerah yang dihajar pandemi sehingga membuat pendapatan daerah menjadi amblas. Seperti yang terjadi di DKI Jakarta, pendapatan asli daerah (PAD) anjlok hingga Rp31,13 triliun akibat pandemi virus Corona.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0919 seconds (0.1#10.140)