Dibuka Jokowi, Papua Street Carnival Tampilkan Karya Terbaik Anak Muda PYCH Binaan BIN

Jum'at, 07 Juli 2023 - 10:03 WIB
loading...
Dibuka Jokowi, Papua Street Carnival Tampilkan Karya Terbaik Anak Muda PYCH Binaan BIN
Presiden Jokowi bersama Menparekraf Sandiaga Uno dan Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan membuka Papua Street Carnival di pelataran Kantor Gubernur Papua, Jayapura, Jumat (7/7/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAYAPURA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) secara resmi membuka Papua Street Carnival yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), kolaborasi dengan Papua Youth Creative Hub (PYCH) yang merupakan binaan Badan Intelijen Negara (BIN).

"Dengan memohon berkah dan anugrah dari Tuhan Yang Maha Esa, pada pagi hari ini, Papua Street Carnival secara resmi saya nyatakan dibuka dan dimulai," kata Jokowi dalam sambutannya di pelataran Kantor Gubernur Papua, Jayapura, Jumat (7/7/2023) pagi.

Papua Street Carnival yang mengusung tema 'The East Great Spirit', telah diresmikan secara simbolis oleh Presiden Jokowi dengan menekan tombol secara bersama-bersama dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno, Kepala BIN Budi Gunawan, serta Plh. Gubernur Papua, M. Ridwan Rumasukun.

Peresmian tersebut turut dihadiri Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia,Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan pejabat lainnya.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengaku telah melihat perkembangan PYCH sejak diresmikan olehnya pada Maret 2023 lalu, dan merasa yakin bahwa anak muda Papua akan mencapai lompatan besar dalam pengembangan industri kreatif di daerah ini.



Presiden Jokowi menyoroti kemajuan PYCH dalam bidang fashion design, dengan desain-desain yang sangat baik dan dikemas dengan brand yang menarik. Presiden Jokowi juga menyebutkan tentang produksi handphone dan laptop yang dilakukan oleh anak muda Papua, sebuah terobosan yang luar biasa dalam industri kreatif di wilayah Indonesia bagian Timur.

"Saya meyakini anak muda Papua akan melakukan sebuah lompat besar," tegas Jokowi.

Presiden Jokowi berharap pariwisata dan ekonomi kreatif di Papua semakin berkembang, memberikan dampak positif bagi masyarakat Papua, dan mengangkat citra Papua sebagai destinasi pariwisata unggulan dengan potensi kreatif yang melimpah.

"Ini dilakukan bukan di Indonesai bagian barat, tetapi dilakukan di Indonesia bagian timur, di tanah Papua. Sebuah lompatan. Dan nanti kita lihat industri kreatif Papua seperti apa akan kita lihat pagi hari ini," ucapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5126 seconds (0.1#10.140)